250 Pelajar Terpilih Menjadi Peserta Forum Pelajar Indonesia

11 Mei 2012 Artikel Pendidikan


Jakarta, 9 Mei 2012 - Setelah melalui proses seleksi, akhirnya 250 pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), dan MA (Madrasah Aliyah) dari 92 sekolah di 25 propinsi Indonesia terpilih untuk mengikuti Forum Pelajar Indonesia yang akan berlangsung pada tanggal 3-9 Juli 2012 di Jakarta.

Forum Pelajar Indonesia (FOR Indonesia) adalah kegiatan yang menyediakan ruang seluas-luasnya untuk pelajar tingkat SMA, SMK, MA dan sederajat di seluruh Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi dalam menyampaikan ide dan gagasan mereka kepada publik. Salah satu kekuatan dan juga kelebihan FOR Indonesia adalah pelajar diberikan ruang dan kesempatan untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka sesuai dengan apa yang diminati dan ingin diperjuangkan, seperti MDGs, kebudayaan, dan kewirausahaan.

Ketua Panitia penyelanggara Forum Pelajar Indonesia, Fikri Ibadurrahman mengatakan Proses rekrutmen calon peserta Forum Pelajar Indonesia 2012 dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Pertama adalah pendaftaran, baik dalam mengisi formulir yang telah disebar ke 13 ribu sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA se-Indonesia ataupun yang telah dipublikasikan di jejaring sosial dan media publikasi lainnya. Tahap kedua adalah seleksi administratif seperti surat rekomendasi sekolah, surat izin orang tua, termasuk 3 buah surat berisi aspriasi yang ditujukan kepada Bapak Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan selaku pemegang kebijakan, seleksi kesehatan. Tahap ketiga adalah seleksi penilaian prestasi akademik dan non-akademik. Selain proses ini pun, pada tahun ini panitia melakukan seleksi dengan mempertimbangkan keseimbangan jender, keterwakilan provinsi, agama dan lain-lain.

Tahapan proses seleksi ini dilakukan sebagai upaya panitia untuk menemukan komposisi 250 pelajar terbaik yang akan diikutsertakan dalam kegiatan Forum Pelajar Indonesia ke-4 ini. Peserta yang terpilih akan mengikuti berbagai kegiatan kreatif dan inovatif seperti kunjungan lembaga Negara (Bank Indonesia), Pelajar Bertanya Menteri Menjawab dialog para pelajar dengan menteri (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Menteri Koperasi dan UKM), Focus Group Discussion (FDG), workshop keterampilan, talkshow (dengan tokoh adat dan nasional), bagi-bagi pohon, kunjungan media, dan Cultural Perfomance dan Festival Seni Pelajar.