Ukuran Lapangan Olahraga Tolak Peluru

3 Agustus 2015 Olah Raga


Tolak peluru merupakan salah satu olahraga yang tergolong dalam kategori olahraga atletik yaitu dalam kategori nomor tolak atau lempar. Dalam perkembangannya tolak peluru memiliki pengertian suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar(peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh jauhnya. Untuk bisa melakukan tolakan dengan benar dan bisa menolak sejauh mungkin diperlukan penguasaan teknik yang baik dan juga tahu betul seluk beluk mengenai tolak peluru, untuk lebih menambah pengetahuan Anda kali ini kesekolah.com akan berbagi mengenai ukuran lapangan tolak peluru.

Ukuran lapangan tolak peluru
1. Lingkaran tolak peluru harus dibuat dari besi, baja atau bahan lain yang cocok yang dilengkungkan, bagian atasnya harus rata dengan permukaan tanah luarnya. Bagian dalam lingkaran tolak dibuat dari semen, aspal atau bahan lain yang padat tetapi tidak licin. Permukaan dalam lingkaran tolak harus datar antara 20 mm sampai 6 mm lebih rendah dari bibir atas lingkaran besi.
2. Garis lebar 5 cm harus dibuat di atas lingkaran besi menjulur sepanjang 0.75 m pada kanan kiri lingkaran garis ini dibuat dari cat atau kayu.
3. Diameter bagian dalam lingkaran tolak adalah 2,135 m. Tebal besi lingkaran tolak minimum 6 mm dan harus di cat putih.
4. Balok penahan dibuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dalam sebuah busur/lengkungan sehingga tepi dalam berhimpit dengan tepi dalam lingkaran tolak, sehingga lebih kokoh.
5. Lebar balok 11,2-30 cm, panjangnya 1,21-1,23 m di dalam, tebal 9,8-10,2 cm.
6. Ukuran lapangan tolak peluru dan gambar:


Diameter Lingkaran: 2,135 meter
Perpanjangan Garis Tengah: 0,5 meter (50 Centimeter)
Sudut pada Titik Tengah arah tolakan: 45 (derajat)

Berat peluru
*. Untuk senior putra = 7.257 kg
*. Untuk senior putri = 4 kg
*. Untuk yunior putra = 5 kg
*. Untuk yunior putri = 3 kg

Itulah ukuran lapangan untuk olahraga tolak peluru. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)