Ukuran Lapangan dan Teknik Dasar dalam Sepak Takraw

14 September 2016 Olah Raga


Sepak takraw merupakan kategori olahraga campuran antara permainan bola voli dan permainan sepak bola, pada area pertandingannya menggunakan lapangan permainan bulu tangkis untuk pemain nomor ganda.Peraturan sepak takraw berbanding terbalik dengan peraturan permainan bola basket, yaitu jika bola basket menggunakan tangan namun tidak boleh menggunakan kaki, kemudian bila pada permainan sepak takraw yaitu menggunakan kaki namuntidak boleh menggunakan tangan. Kejuaraan yang tertinggi dan terpopuler dalam cabang olahraga ini adalah King’s Cup World Championships. Permainan ini bermula dari zaman Kesultanan Melayu dan panggilan untuk olahraga ini yang populer bernama Sepak Raga, dalam bahasa melayu yang memiliki makna bola yang terbuat dari anyaman rotan dan pemain saling berdiri membentuk lingkaran.

Berikut ini ukuran lapangan dan teknik dasar dalam olahraga sepak takraw:
1. Ukuran Lapangan



*. Ukuran yang dipakai dalam lapangan sepak takraw sama dengan ukuran lapangan badminton, yaitu panjang 13,4 meter dan lebar 6,10 meter.
*. Sepak takraw bisa dimainkan di luar gedung maupun di dalam gedung olahraga. Jika pertandingan sepak takraw dilakukan didalam gedung, maka tinggi loteng minimal 8 meter dari ketinggian lantai.
*. Garis pada pada lapangan sepak takraw harus ditandai dengan solatib atau menggunakan cat yang lebarnya 4 cm dan diukur dari pinggir garis luar.
*. Area bebas hambatan minimal 3 meter, yaitu jarak dari garis ke bagian luar lapangan.
*. Garis tengan atau centre circle memiliki lebar 2cm.
*. Garis seperempat lingkaran atau quarter circle pada pojok garis tengah dengan jarak 90 cm dari garis dalam lapangan sepak takraw.
*. Lingkaran service atau the service circle mempunyai jarak 30 cm yang berada di tengah lapangan, jarak dari garis belakang memiliki ukuran 2,45 meter dan jarak dari titik tengah garis lingkaran menuju garis tengah (centre line adalah 4,25 meter, jarak pada titik tengah lingkaran adalah 3,05 meter dari kiri dan kanan garispinggir lapangan.

2. Ukuran Net

*. Tinggi net untuk pemain putra adalah 1,55 meter dipinggir dan minimal 1,52 di bagian tengah.
*. Tinggi net untuk pemain putri adalah 1,45 meter dipinggir dan minimal 1,42 di bagian tengah.
*. Tiang memiliki ketinggian 30 cm di luar garis pinggir.
*. Net bola takraw terbuat dari tali, benang kuat atau nilon, dimana setiap jarak antara lubangnya adalah 6 sampai 8 cm.
*. Panjang net 6,10 meter dan lebar pada net adalah 70 cm.

3. Bola Takraw


*. Bola terbuat dari bahan rotan.
*. Lingkaran bola untuk pemain putra adalah 42 sampai 44 cm.
*. Lingkaran bola untuk pemain putri adalah 43 sampai 45 cm.
*. Berat bola untuk pemain putra adalah 170 sampai 180 gram.
*. Berat bola untuk pemain putri adalah 150 sampai 160 gram.

4. Pemain Sepak Takraw


*. Permainan ini dilakukan oleh 2 tim (regu) yang saling berlawanan, masing-masing regu terdiri dari 3 orang pemain dan pada setiap tim mempunyai 1 pemain cadangan.
*. Salah satu dari 3 pemain berada di posisi belakang, pemain ini disebut back atau tekong bertugas untuk penyepak bola pertama dan memulai permainan.
*. Dua orang berada di antara tekong yaitu sebelah kanan disebut apit kanan dan yang berada disebelah kiri disebut apit kiri.

5. Sistem Perhitungan Angka

*. Jika peneriman servis melakukan kesalahan atau tidak bisa megembalikan bola, yang akan mendapatkan poin adalah penyepak bola dan melukan service lagi.
*. Jumlah skor maksimal pada permainan ini adalah 21 poin.
*. Apabila skor pada pertandingan 20 sama, siapa yang unggul selisih 2 poin itu adalah pemenangnya, tetapi dengan batas skor aakhir 25 poin.
*. Waktu yang digunakan untuk istirahat pada akhir set pertama dan kedua adalah 2 menit.
*. Perhitungan angka menggunakan sistem realy poin.
*. Jika masing-masing regu memenangkan 1 poin, maka ada set tambahan dengan jumlah skor maksimal 15 poin dan apabila skor menunjukan 14 sama maka pemenang akan ditentukan yang mendapatkan selisih dua poin dengan skor maksimal 17 poin.

6. Pergantian Pemain

*. Pada masing-masing regu hanya dapat melakukan pergantian 1 kali pergantian pemain dalam satu kali pertandingan.
*. Pergantian pemain hanya boleh dilakukan ketika bola dalam keadaan mati.
*. Prosedur pergantian pemain harus melalui tim manajer atau pelatih yang disetujui olah official atau petugas pertandingan.
*. Jatah pemain cadangan adalah dua, akan tetapi yang boleh melakukan pergantian pemain satu kali.
*. Jika ada pemain yang mendapatkan kartu merah, maka dapat melakukan pergantian pemain dengan syarat belum pernah melakukan pergantian pemain.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)