Trik Pintar Bermain Catur - Bagian 2

30 Januari 2015 Olah Raga


3. Trik dan Perencanaan
Apapun langkah yang diambil seorang pemain, harus memiliki perencanaan yang matang dalam mengarahkan pion-pion di atas papan catur. Namun harus tetap fleksibel dan siap mengganti strategi jika lawan menjalankan taktik tak terduga. Jangan membuat terlalu banyak rencana, karena dalam permainan catur, apapun bisa terjadi. Jika ingin memenangkan sebuah permainan catur, seorang pemain harus menguasai trik bermain catur. Setiap gerakan atau langkah pion harus diperhitungkan dengan seksama.

4. Tujuan
Untuk membuat sebuah perencanaan, pemain harus tahu apa yang ingin dicapainya. Meski begitu, perencanaan yang dibuat seorang pemain tergantung pula dari permainan catur itu sendiri.
Tempo permainan. Jumlah langkah yang harus diambil untuk mencapai satu tujuan tertentu harus juga diperhitungkan. Tempo permainan seorang pemain harus tepat. Jika seorang pemain membuang-buang langkah pion, maka pemain tersebut kehilangan temponya.
Posisi.

Cara menentukan posisi seorang pemain adalah dengan menghitung jumlah kotak yang dikuasai pion.
Kelemahan lawan. Salah satu trik memenangkan permainan adalah dengan mengetahui kelemahan lawan. Misalnya, dengan cara memakan pion yang tidak di jaga atau bahkan menghajar raja yang tidak dilindungi pion lain.

Selain mempelajari trik bermain catur, ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam permainan catur:

a. Boleh:
-.Cari target yang mudah dilemahkan. Kita memang harus benar-benar jeli untuk melihat ini, karena dengan semakin banyak pion yang dapat kita makan maka akan semakin terbuka kesempatan kita untuk menang.
-.Ralat kelemahan posisi pion kita secepat mungkin.Kita memang harus segera melakukan ini jika tidak maka pion kita akan dimakan oleh pion lawan.
-.Jika tidak ada target yang bisa dilemahkan, coba untuk menguasai sebanyak mungkin area pada papan catur.

b. Tidak boleh:
-.Melanjutkan sebuah rencana jika tidak mungkin diteruskan, harus fleksibel.
-.Kita memang harus menyiapkan lebih dari satu rencana. Jika satu rencana tidak dapat kita jalankan maka kita tidak boleh berkutat dengan rencana itu, kita harus beralih ke rencana lainnya agar kemenangan dapat kita raih.
-.Jangan memiliki rencana untuk mengagalkan strategi lawan. Buat rencana sendiri!


5. Tehnik Defensive
Salah satu cara terbaik untuk memenangkan permainan catur adalah dengan berinisiatif dan menjadi penyerang. Namun ada pula saatnya seorang pemain memiliki trik bermain catur dengan defensive jika diserang lawan.

Jika terkena jebakan lawan, ada dua hal yang dapat dilakukan:
-.Alihkan perhatian lawan dengan menyerang pion mereka di sisi lain papan catur
-.Pindahkan pion yang terkena jebakan tersebut ke tempat lain. Mungkin dengan demikian ada pion lain yang terancam lawan. Oleh karena itu, pindahkan pion yang terancam tadi ke tempat yang tidak terlalu jauh dari pion kedua, agar masih tetap dapat melindungi pion tersebut.

Trik bermain catur untuk pemula memang haruslah dikuasai dengan benar agar pemain pemula dapat bermain catur dengan baik. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)