Tips Penting Olahraga Muay Thai untuk Pemula

31 Juli 2016 Olah Raga


Siapa yang tidak tahu dengan olahraga Muay Thai? Muay Thai merupakan olahraga beladiri yang berasal dari Thailand, dasar dari olahraga ini gerakan pukul-memukul, menendang dan untuk melumpuhkan lawan. Kalau Anda ingin belajar Muay Thai, Anda bisa perhatikan tips berikut ini.

Lakukan pemanasan

Sejatinya, Muay Thai adalah olahraga keras yang mengandalkan kekuatan tangan dan kaki. Kekuatan tangan dan kaki harus kuat supaya bisa menumbangkan otot. Oleh karena itu, disaat pemanasan Anda harus serius. Anda bisa pemanasan dengan stretching, jogging dan juga sit up, push up, dan back up.

Shadow boxing

Kalau pemanasan Anda sudah berkeringat, Anda sudah bisa memulai latihan Muay Thai. Tapi, untuk tahap awal Anda bisa melakukannya di depan cermin. Anda bisa mengaca dan membayangkan kalau dihadapan Anda ada lawan. Anda harus menghajar lawan itu, dengan begitu Anda bisa menilai seberapa bagus gerakan yang dilakukan. Di dalam latihan ini, Anda harus mengkombinasikan antara gerakan menyerang dan bertahan, dan juga antara gerakan kaki dan tangan.

Lakukan skipping

Seorang atlet Muay Thai diwajibkan punya tubuh kuat dan otot yang tangguh agar dengan mudah mengalahkan lawan hanya dengan menggunakan tangan dan kaki. Oleh karena itu, Anda harus sering-sering melatih otot-otot tangan, pergelangan tangan, kaki, betis dan juga bahu agar lebih kuat. Skipping merupakan olahraga yang sangat berguna untuk pembentukan otot. Selain banyak manfaatnya, Anda bisa melakukan skipping dimana saja.

Gerakan bag work

Setelah merasakan kekuatan pada tangan dan kaki, Anda bisa memulai latihan dengan menggunakan samsak. Samsak itu semacam benda yang biasanya juga digunakan berlatih untuk petinju. Dengan samsak, Anda bisa benar-benar menghayati kalau samsak itu lawan yang tangguh. Anda harus memukul, menendang dengan beberapa teknik Muay Thai.

Pakai kostum yang tepat

Untuk latihan olahraga muay thai, Anda jangan sampai salah kostum ya. Yang harus Anda gunakan itu baju olahraga yang ketat dan menyerap keringat. Jangan lupa juga gunakan sepatu yang nyaman dipakai.

Dengan olahraga muay thai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai olahraga untuk melindungi diri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)