Teknik Dasar dalam Olahraga Lempar Cakram (Bag. 1)

1 Maret 2017 Olah Raga


Lempar cakram adalah salah satu cang dari olahraga atletik nomor lempar. Lempar cakram bertujuan melemparkan benda berbentk bulat pipih (cakram) sejauh-jauhnya dengan menggunakan teknik yang benar.

Cara memegang cakram yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Cakram dipegang dengan cara meletakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jarinya. Jari-jari sedikit renggang dengan jarak yang sama antara jari satu dengan lainnya. Cakram melekat pada telapak tangan tepat pada titik berat cakram atau sedikit di belakangnya. Semakin panjang jarinya, semakin mudah cakram dipegang erat-erat.
  2. Cakram dipegang dengan menggunakan empat jari, jari telunjuk dan jari tengah menjadi satu atau dirapatkan, ruas-ruas ujung jari ditekuk untuk memegangi pinggiran cakram. Tekanan terutama oleh kedua jari yang berhimpitan. Adapun ibu jari letaknya bebas pada cakram.
  3. Cakram dipegang seperti pada cara pertama, hanya letak tepi cakram agak lebih ke ujung jari-jari. Dengan sendirinya pegangan pada cakram tidak terlalu erat dan telapak tangan berada di tengah-tengah cakram. Teknik ini umumnya digunakan bagi atlet yang jari-jarinya pendek.



Teknik Lempar Cakram terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: Teknik awalan, gerakan melempar dan sikap akhir.

Teknik Awalan

Sebelum melakukan teknik awalan, terlebih dahulu kita mempelajari cara memegang cakram yang benar, yaitu cakram diletakkan pada telapak tangan kiri menghadap ke atas sedangkan jari-jari tangan kanan membuka dengan mengaitkanjari pada cakram menggunakan ruas jari yang pertama.


Cara melakukan awalan lempar cakram:

  1. Ambil posisi dan berdiri menyamping arah lemparan. Kaki dibuka selebar bahu, sedikit ditekuk dan rileks.
  2. Pusatkan perhatian pada persiapan untuk melakukan awalan agar mantap, kemudian cakram diayun-ayunkan ke samping kanan belakang lalu ke kiri. Gerakan ini diulang-ulang sebanyak dua sampai tiga kali dilanjutkan dengan awalan berputar.


bersambung ke bag. 2

Oleh: Titi Indriyani
(Dikutip dari berbagai sumber)