Teknik Bermain Olahraga Kriket

21 Januari 2016 Olah Raga


Olahraga kriketadalah olahraga yang berasal dari Inggris. Olahraga yang sepintas mirip dengan kasti (sama-sama menggunakan bola dan tongkat pemukul). Olahraga ini dimainkan di lapangan yang berbentuk bulat dan batasnya disebut "boundary". Masing-masing tim terdiri dari 11 pemain dan permainan ditentukan oleh skor yang disebut "run". Setelah diundi maka satu tim akan mengirim dua pemain untuk melakukan "batting" atau pemukul bola pada dua sisi di tengah lapangan.

Tim lawan menyiapkan seorang "bowler" atau pelempar bola dan 10 pemain yang lain melakukan "fielding" atau menangkap bola setelah dipukul. Sepintas permainan ini mirip baseball atau kasti. Ini karena permainan ini serumpun dengan permainan yang menggunakan alat pemukul bola.

Permainan ini tidak menggunakan ukuran waktu seperti sepak bola atau set seperti pada bulutangkis, tennis dan volley. Pemain memainkan seri bola yang disebut over . Satu over terdiri dari 6 bola atau lemparan. Pada kejuaraan resmi tim akan memainkan 50 over alias 300 bola dan di One Day International (ODI) Test mereka memainkan 90 over atau 540 bola. Itulah kenapa kriket dimainkan dari pagi hingga petang yang benar-benar "one day". Dalam permainan ini tim "bowler" akan berusaha menjatuhkan "stud" yaitu benda yang berada diatas tiga tiang di belakang masing-masing batsman dalam setiap lemparan. Kalau lemparan bola menjatuhkan stud atau bola yang dipukul bisa ditangkap lawan sebelum menyentuh tanah maka "batsman" harus keluar lapangan dan disebut "wicket".


Jika semua pemain terkena wicket praktis tidak ada yang akan melakukan batting dan permainan berakhir sampai di sini. Tim "batting" akan menghadang bola ke arah tiang dan memukulnya. Pukulan tidak harus kencang dan bisa diarahkan ke segala penjuru mata angin untuk menghindari tangkapan lawan. Dari aksi pukul memukul inilah skor atau run diciptakan. Apabila memukul bola keluar "boundary" tanpa menyentuh tanah berhak mendapat 6 runs, bola menyentuh tanah dan boundary bernilai 4 runs, jika bola tidak menyentuh boundary maka run ditentukan oleh berapa kali batsman lari dari stud yang satu ke stud lainnya. Ini bisa 1 run, 2 run, atau 3 run. Tim akan mengumpulkan sebanyak-banyaknya run untuk memenangkan permainan ini.

Berikut beberapa teknik dalam bermain kriket:
1. Cara melempar bola(Bowling)

Dalam kriket ada beberapa macam teknik melempar bola diantaranya:
* Lemparan medium(lurus)
* Lemparan spin(berbelok)

2. Memukul(batting)
Beberapa pukulan dalam batting:
* Stright
* Pull shoot
* Hook
* Cut shoot

3. Fielding(menjaga)
Fielding dalam kriket sama dengan dalam olah raga softball maupun kasti, tapi dalam kriket para pemain yang bertugas untuk fielding posisinya tidak seperti softball maupun kasti yang menjaga base masing-masing melainkan menyebar mengelilingi lapangan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)