Sekilas Tentang Olahraga Dayung

12 Oktober 2016 Olah Raga


Mendayung merupakan sebuah olahraga yang menggunakan dayung dan berlangsung di atas sungai, danau, dan laut. Dalam teknik mendayung dengan benar hanya dikenal dua macam kayuhan yaitu dayung maju dan dayung mundur. Jika menginginkan perahu bergerak kedepan maka digunakan dayung maju sedangkan dayung mundur untuk menghentikan perahu yang sedang bergerak maju atau memang menginginkan perahu bergerak mundur. Jika ingin membelokkan perahu ke kanan maka tangan kiri mendayung maju dan tangan kanan mendayung mundur,dan sebaliknya jika ingin membelok kekiri.

Secara umum, sejarah olahraga dayung itu sendiri tidak bisa ditentukan bangsa mana yang pertama kali menemukan olahraga tersebut. Hal tersebut dikarenakan sejarah olahraga dayung sudah ada sejak zaman kuno sampai modern, dimana pada masa itu manusia belum mengenal tulisan, sehingga sangat sulit para ahli sejarah olahraga dayung untuk mengungkapkan dengan secara pasti dari negara mana olahraga dayung berasal.

Dayung sudah ada sejak dulu, karena dasarnya dari kapal yang dikayuh dengan dayung. Hanya saja, belum ada balapan atau lomba seperti sekarang. Catatan orang mesir pada 1430 sebelum Masehi,menyatakan bahwa pejuang Amenhotep atau Amenopis II terkenal dalam hal mendayung. Di kepulauan Aenea, para gadis melakukan salah satu acara pemakaman yang dibuat oleh Aeneas untuk menghormati ayahnya. Pada abad ke13, orang Venesia mengadakan festival Regata yang didalamnya terdapat balap perahu antara satu dengan yang lain. Dalam penelitian ini, mengklasifikasikan sejarah olahraga dayung ke dalam dua bagian, yaitu sejarah olahraga kuno dan sejarah olahraga modern.

Sejarah Olahraga Dayung Kuno

Olahraga Canoe dan kayak adalah secara relatif baru. Meskipun pengunaan jenis-jenis perahu ini kembali mengenang pada zaman batu. Kayak kemungkinan berasal dari Greenland. Dimana suku Eskimo telah mengunakannya untuk berburu

Sejarah Olahraga Dayung Modern

Olahraga Dayung sudah dikenal sejak zaman sebelum masehi, tetapi baru pada abad ke-16 diresmikan sebagai bentuk olahraga. Menurut catatan sungai Thames di Ingris sering menimbulkan kecelakaan karena dipakai sebagai sarana lalu lintas. Raja Hendri VIII mengeluarkan peraturan, hanya pendayung yang memiliki izin yang boleh melewati perairan Thames. Sejak saat itu, banyak masyarakat yang ingin tampil menjadi pendayung yang baik. Kemudian munculnya berbagai perlombaan untuk memperebutkan gelar-gelar pendayung terbaik selanjutnya, berkembang kegiatan ini menjadi suatu cabang olahraga. Perlombaan-perlombaan mulai menjamur. Sekitar abad ke-19, para mahasiswa Inggris mulai tertarik dengan olahraga ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)