Sejarah Singkat Olahraga Bela Diri Muay Thai

20 Juli 2016 Olah Raga


Muay thai merupakan beladiri kuno asal thailand yang digunakan oleh para pasukan gajah putih kerjaan thailand yang terkenal kuat di medan perang. Dulu nama ilmu bela diri ini namanya Muay Boran (tinju kuno), muayboran adalah seni beladiri tanpa senjata mematikan pada pasukan gajah putih. Muay boran adalah sendi bela diri, yang memperbolehkan serangan ke titik vital yang dapat menyebabkan kematian, sehingga tidak bisa di kategorikan dengan cabang olahraga.

Seiring berkembangnya zaman munculan evolusi dari muay boran, yaitu Muay Thai yang bisa di kategorikan cabang olahraga. Para praktisi sudah menghilangkan teknik-tehnik yang di anggap sangat berbahaya, sehingga muay thai dapat di kemas dengan sajian ring dan box, layaknya tinju barat.

Muay Thai adalah olahraga nasional Kerajaan Thai dan turunan dari bela diri kuno Muay Boran. Di dunia internasional Muay Thai juga dianggap sebagai Kickboxing, karena teknik pertarungannya hampir sama. Muay Thai adalah metode beladiri yang tidak memerlukan senjata karena tubuh kita (tulang dan daging) adalah senjatanya.

Didefinisikan seperti ini karena pada zaman dulu seorang tentara perang Thailand menggunakan senjata yang alami pada tubuh manusia, yang merupakan tiruan dari senjata peperangan, yang dapat diilustrasikan sebagai berikut:

*. Tangan memukul diumpamakan sebagai anak panah dan pedang.
*. Sikut dan lutut diumpamakan sebagai seperti suatu kampak peperangan.
*. Tulang kering dikondisikan untuk membentur diumpamakan sebagai tongkat.
*. Telapak kaki bekerja diumpamakan sebagai tombak.

Muay thai sangat mudah di pelajari karena teknik tehniknya di anggap simple dan efektif, sehingga mulai menyebar di dunia, salah satunya di Indonesia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)