Sejarah Olahraga Kriket di Indonesia

18 Januari 2016 Olah Raga


Olahraga kriket adalah sebuah cabang olahraga yang sudah dikenal sejak lama di dunia, khususnya negara-negara berlatar belakang sejarah yang mengadopsi budaya dan tradisi bangsa Inggris, seperti India, Pakistan, Australia, dan sebagainya. Esensi dasar dari olahraga ini adalah semangat dan keselarasan antara persaingan sehat dan kerja sama tim yang solid dan kompak.

Olahraga yang hampir mirip dengan kasti ini, sudah ada di Indonesia sejak tahun 1880-an. Dalam satu literatur mengenai letusan Gunung Krakatau dan kehidupan masyarakat Jakarta pada saat itu, disebutkan adanya permainan kriket antara Batavia Cricket Club dengan tamu Circus Eleven di daerah Monas (Monumen Nasional) sekarang berada.


Pada tahun 1992, sejumlah kegiatan olahraga kriket mulai terlihat aktif dan merupakan cikal bakal terbentuknya Jakarta Cricket Association (JCA) dan berdirinya sebuah kompetisi liga kriket. Pada saat yang hampir bersamaan dengan lahirnya JCA, pertandingan kriket secara rutin diadakan di Bali dan beberapa tahun kemudian Kriket Bali dibentuk.

Pada tahun 1997, olahraga ini mulai dimainkan oleh orang Indonesia timur terutama anak-anak NTT di Kupang dan berkembang pesat di sana. Pada tahun 2000 dibentuk Yayasan Kriket Indonesia (Indonesia Cricket Foundation) yang membantu mengkoordinasi perkembangan kriket di Indonesia.

Indonesia termasuk kelompok negara yang disebut East-Asia Pasific (EAP). EAP adalah bagian dari ICC(International Cricket Council). Pada tahun yang sama, Indonesia diakui sebagai negara afiliate walaupun baru mengenal kriket. Pada saat ini, kriket di Indonesia sudah memasuki tahap sosialisasi. Pengembangan tim kriket di tingkat junior telah terlaksana di berbagai daerah di Indonesia.

Dr Alan Wilson, President of Cricket Indonesia mengatakan: Kriket Indonesia menitikberatkan sosialisasi olahraga kriket terhadap anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah yang notabene dapat lebih mudah diberikan pengarahan dan penanaman tradisi kriket. Maka diharapkan pengembangan olahraga kriket di Indonesia dapat berakar luas di masyarakat dan menjadi salah satu cabang olahraga yang memberikan kontribusi bagi prestasi Negara Republik Indonesia.

Apabila kriket terus berkembang di Indonesia, tidak menutup kemungkinan citra negara kita akan naik di mata dunia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)