Sejarah Bola Bola Resmi yang Dipakai di Piala Dunia - Bagian 1

20 Mei 2014 Olah Raga   |    Lie Hardy Setiady


Kejuaran dunia sepak bola yang berlangsung empat tahun sekali dan sudah dimulai dari tahun 1930 di Uruguai. Salah satu faktor yang penting dalam piala dunia adalah bola yang dipakai di setiap pertandingan. Tapi baru mulai 1970 lah ada bola resmi yang dipakai di kejuaraan piala dunia dan mulai bola resmi yang dipakai selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Kali ini Mr Edol akan membahas bola - bola yang dipakai di Piala dunia.

Mexico,1970. bola yang dipakai diberi nama Telstar dan merupakan bola resmi pertama yang digunakan di piala dunia. Bola ini menggunakan desain "Buckminster". Dengan 32 panelnya yang berwarna hitam dan putih, telstar dapat dengan mudah dilihat di televisi dimana piala dunia mexico 1970 ini merupakan piala dunia pertama yang ditayangkan di televisi.


Jerman Barat, 1974. Ada dua bola pertandingan yang digunakan pada piala dunia tahun 1974, Adidas Telstar DurlastR yang sudah diperbaharui dengan merek adidas berwarna hitam mengganti yang berwarna emas serta diperkenalkan bola Telstar baru dengan semua panel berwarna putih yang dinamakan Chile. Piala dunia tahun 1974 ini merupakan piala dunia pertama yang pada bolanya terdapat nama dan logo.


Argentina, 1978. Bola yang dipakai bernama Tango Durlast. Desain bola ini melambangkan keanggunan, dinamisme dan gairah. Bola ini terdiri dari 20 panel dengan tiga rangkaian gambar yang membentuk tampilan 12 lingkaran yang identik. Bola Tango ini menjadi inspirasi rancangan desain bola untuk 5 kejuaraan piala dunia selanjutnya.


Spanyol, 1982. Pada kejuaraan di spanyol ini Adidas sebagai pembuat bola resmi piala dunia memperkenalkan bola baru dengan lapisan karet pada setiap jahitannya untuk menjaga resapan air ke dalam bola. Ini adalah bola pertama yang mempunyai kualitas tahan terhadap air. Tapi karena penggunaan umum bola dengan menendang membuat lapisan karet terkikis dan habis setelah beberapa waktu dan butuh diganti selama pertandingan. Bola ini merupakan bola terakhir yang menggunakan bahan kulit.


Mexico, 1986. Bola dengan bahan sintetis dan dilapisi dengan polyurethane pertama diperkenalkan di piala dunia ini. Bola ini tahan terhadap hujan. Bola ini juga merupakan bola pertama yang menyertakan desain dari negara yang menyelengarakan. Bola dengan nama Azteca secara elegan didekorasi dengan desain yang terinspirasi dari arsitektur dan hiasan dinding suku Aztec di Mexico.

-Bersambung ke bagian 2-

(Dikutip dari berbagai sumber)