Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Taekwondo

12 November 2015 Olah Raga


Disetiap cabang olahraga baik dari aktivitas permainan sampai pada aktivitas air, membutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung dalam proses pencapaian penguasaan kemampuan yang diharapkan. Mulai dari pakaian hingga peralatan yang digunakan untuk latihan dan bertanding.

a. Pakaian Taekwondo
Pakaian ataupun seragam latihan merupakan bagian yang sangat penting dalam olahraga, begitupun dengan Taekwondo membutuhkan pakaian seragam. Di Taekwondo pakaian latihan yang biasa digunakan disebut Dobok (bahasa Korea). Dobok yang digunakan oleh pemula yaitu warna putih polos, mulai dari baju, celana dan sabuk. Tetapi wajib menggunakan logo Taekwondo Pengurus Besar Taekwondo Indonesia di baju bagian dada kiri. Selain yang putih polos, ada juga baju yang pada bagian kerahnya berwarna hitam. Itu biasanya digunakan oleh pemegang sabuk hitam (tingkatan DAN), atau juga bisa dipakai oleh pemegang sabuk warna (sebelum DAN) tetapi hanya digunakan pada saat pertandingan atau kejuaraan Taekwondo, baik itu kejuaraan Kyurigi (pertarungan) ataupun Poomse (jurus).

b. Peralatan Taekwondo
Bela diri Taekwondo dikenal dengan cabang bela diri yang paling aman. Karena didalam suatu pertandingan Taekwondo (khususnya kyurugi) menggunakan peralatan yang sangat lengkap, diantaranya:

  • Body protector (pelindung badan), yang bisa melindungi seluruh bagian badan (dari bahu sampai perut bagian bawah), sampai melindungi tulang belakang.
  • Head guard atau pelindung kepala, yang melindungi seluruh bagian kepala kecuali bagian muka.
  • Hand guard (pelindung lengan), yang melindungi lengan mulai dari siku-siku sampai ke jari-jari tangan. Bagian yang dilindungi adalah lengan bagian luar, agar dalam memblok tendangan bisa mengurangi sedikit rasa sakit.
  • Pelindung kaki, yang melindungi kaki dibawah lutut hingga punggung kaki. Bagian yang dilindungi adalah bagian tulang kering, agar tidak terjadi benturan langsung anta tulang kering yang bisa menyebabkan patah tulang
  • Pelindung kemaluan, yang melindungi daerah kemaluan agar atlet merasa aman dalam bertanding.
  • Pelindung gigi, yang melindungi seluruh bagian gigi agar meminimalisir terjadinya patah gigi.


Selain peralatan pertandingan tersebut, ada juga peralatan yang selalu digunakan untuk latihan, diantaranya adalah pyong (target). Fungsinya adalah sebagai alat untuk menjadi sasaran latihan tendangan atau pukulan. Tapi ada juga alat yang digunakan untuk menambah power tendangan, yaitu biasa disebut dengan sansak. Bentuknya menyerupai tabung panjang dan bobotnya juga bisa sama dengan bobot seorang manusia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)