Persib Juara Tiga Piala Presiden 2017, Setelah Tekuk Semen Padang

22 Maret 2017 Olah Raga


Persib akhirnya menjadi juara tiga Piala Presiden 2017 usai menang 1-0 atas Semen Padang dalam laga yang ketat di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (11/3). Satu-satunya gol dalam laga itu dicetak kapten Persib, Atep, lewat tembakan voli pada menit ke-33.

Dalam laga tersebut kedua tim bermain imbang di lini tengah. Jika Persib lebih sering melakukan manuver dari sayap yang mengandalkan Atep dan Febri Hariyadi, Semen Padang justru lebih sering menusuk langsung dari lini tengah yang mengandalkan Marcel Silva Sacramento dan Syamsul Bahri. Syamsul kemudian diganti Rudi pada awal babak kedua.

Pada laga tersebut Semen Padang lebih dulu mendapatkan peluang lewat aksi Vendry Mofu ketika laga memasuki menit ketiga. Namun tembakan Venry masih melebar ke sisi kanan gawang Persib yang dikawal M Natshir. Setelah itu giliran Persib yang terus menerus menekan barisan pertahanan Semen Padang. Hasilnya, memasuki menit ke-11, Gian Zola melihat celah untuk melepaskan umpan terobosan yang lalu bisa diterima Shohei Matsunaga. Sayang tembakan penyerang dari Jepang itu mengarah ke kiper Semen Padang.

Akhirnya kedudukan berubah pada menit ke-33. Atep menerima umpan terobosan ke depan kotak penalti Semen Padang. Tanpa mengontrol kapten Persib itu pun melepaskan tembakan voli yang menghujam ke sisi kiri dalam gawang Semen Padang.

Setelah tertinggal 0-1, skuat Semen Padang mencoba mencetak gol. Namun kiprah barisan pertahanan Persib yang dikomandoi Vladimir Vujovic dan Achmad Jufriyanto bisa mementahkannya. Di ujung babak pertama tendangan bebas keras yang akurat ke sudut gawang Persib dari Marcel Silva Sacramento berhasil dimentahkan Natshir.

Memasuki babak kedua ritme pertandingan berjalan semakin kencang. Insiden-insiden antarpemain pun kerap terjadi di lapangan. Bahkan, ketegangan pun membuat pemain Persib dan Semen Padang diusir keluar lapangan. Dalam suatu insiden, ketegangan itu berimbas pada singgungan yang berujung diusir keluarnya Vladimir Vujovic dan juga Vendry Mofu di menit ke-84. Hasil ini juga membuat Maung Bandung menggondol hadiah Rp 1 Miliar, sementara Semen Padang Rp 500 juta.

Susunan Pemain

Persib: M Natshir; Henhen Herdiana (Supardi 53'), Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Hariono (Kim Jeffrey 30'), Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Gian Zola Nasrulloh, Atep (Tantan 72'); Shohei Matsunaga

Semen Padang: Muhammad Ridwan; Cassio de Jesus, Handi Ramdhan, Hengki Ardiles, Novan Setya, Novrianto, Kevin Ivander (Irsyad Maulana 46'), Vendry Mofu, Adi Nugroho (Rudi 53'), Samsul Bahri (Rico Simanjutak 46'), Marcel Silva Sacramento.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)