Persiapan yang Dibutuhkan Saat Belajar Surfing

8 Januari 2016 Olah Raga


Surfing adalah salah satu jenis olahraga air yang sangat diminati. Banyak orang menganggap bahwa surfing adalah salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menikmati laut. Hempasan gelombang ombak, sengatan matahari, dan juga hembusan angin pantai merupakan perpaduan yang sangat menyenangkan untuk dinikmati dengan surfing. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi seru olahraga air yang satu ini, Anda bisa mulai mempelajarinya dari sekarang.

Olahraga surfing memerlukan persiapan yang menjadi hal penting mengingat surfing adalah olahraga ekstrem penuh resiko. Kalo Anda pengen belajar surfing, hal yang paling dasar itu harus bisa berenang, dan harus menguasai macam-macam teknik berenang. Nyali melawan ombak juga juga harus dimiliki, ya tau sendiri kan ombak di laut saat surfing tidak bisa disepelekan.


Peralatan surfing yang harus diperhatikan yaitu papan selancar, tali untuk mengikat tali ke papan selancar, dan pakaian renang. Sebelum berlatih sama seperti olahraga lain yaitu memerlukan pemanasan agar otot tidak kaku dan mengalami cedera saat belajar surfing. Anda bisa belajar surfing dari instruktur surfing atau belajar sendiri secara otodidak. Tapi kalau otodidak sebaiknya memulai latihan dari pinggir pantai terlebih dulu, tidak langsung mencoba ke tengah laut.

Teori bermain surfing sebenarnya cukup sederhana, namun akan terasa cukup sulit bagi para pemula. Salah satu hal penting yang harus dilatih dalam bermain surfing adalah keseimbangan. Tahap pembelajaran dimulai dengan bagaimana mengendarai papan selancar menuju ke laut untuk mencari ombak. Caranya adalah dengan berbaring tengkurap di atas papan dan mendorong papan menuju ke laut dengan kedua tangan.

Tahap pembelajaran yang berikutnya yaitu berdiri di atas papan selancar. Setelah mendapatkan ombak yang cukup besar, bangkit dari posisi tengkurap ke posisi berdiri di atas papan merupakan salah satu gerakan yang paling sulit dalam bermain surfing. Caranya yaitu kita bangkit dengan bertumpu pada kedua tangan kita, dan secara berhati-hati beralih ke posisi agak jongkok dengan tangan masih memegang papan untuk menyeimbangkan diri, kemudian bangkit berdiri dengan kaki agak ditekuk.

Bagi para pemula sebaiknya belajar di daerah pantai yang ombaknya tidak terlalu besar dan tidak banyak batu karang. Perlu diketahui juga bahwa kita harus berada di bagian yang dirasa paling seimbang di atas papan, jangan terlalu ke belakang atau ke depan.

Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)