Perlengkapan yang Diperlukan untuk Olahraga Parkour

24 Maret 2016 Olah Raga


Anda menyukai olahraga yang menantang? Mungkin Anda perlu mencoba olahraga yang satu ini. Salah satu olahraga yang sangat menantang namun cukup murah yaitu parkour. Sebagian besar dari Anda tentu sudah cukup mengenal olahraga parkour. Sebagai gambaran bagi Anda yang masih asing dengan olah raga ini, parkour adalah sebuah kegiatan olahraga yang sangat identik dengan gerakan lari dan melompat, menyusuri medan ekstrim yang telah ditentukan.

Olahraga ini sangat sederhana dan secara umum, peralatan yang digunakan harganya juga tidak mahal. Akan tetapi, meskipun ini adalah jenis olahraga yang sederhana, namun parkour bisa dikategorikan sebagai sebuah olahraga ekstrim yang memiliki resiko cukup tinggi, mulai dari cedera otot, cedera lecet, patah tulang, hingga cedera-cedera lain yang berakibat fatal.

Beberapa persiapan diri yang perlu dilakukan oleh seseorang sebelum menjalani olahraga ekstrim ini yaitu:
*. performa fisik yang baik
*. mengerti dan telah berlatih teknik-teknik dalam melakukan berbagai macam lompatan
*. pemanasan yang cukup
*. serta memiliki pengetahuan yang cukup terhadap medan.

Selain itu, ada juga peralatan penunjang, yang cukup sederhana yang bisa digunakan dalam meningkatkan performa maupun keselamatan seseorang saat menjalani kegiatan olahraga ini. Nah, apa sajakah peralatan yang dibutuhkan?

Peralatan standard yang diperlukan dalam olahraga parkour yaitu baju dan celana yang memudahkan kita untuk bebas bergerak. Tidak ada aturan khusus yang mengharuskan para peserta parkour untuk memakai model baju dan celana tertentu, akan tetapi sebaiknya pakai baju dan celana yang tidak menahan ataupun membatasi gerakan saat berlari dan melakukan berbagai manufer lompatan parkour. Biasanya baju yang digunakan adalah singlet, T-Shirt ataupun jaket yang tidak ketat dan celana panjang yang cukup ringan dan tidak ketat pula.

Peralatan selanjutnya yang diperlukan yaitu sepatu. Ada beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sepatu untuk parkour, yaitu cukup ringan, memiliki grip atau cengkraman yang bagus, dan juga memiliki kemampuan untuk meredam getaran dengan baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)