Perlengkapan yang Digunakan dalam Balap Sepeda

8 April 2016 Olah Raga


Balap sepeda adalah olahraga sepeda profesional. Selain menjadi olahraga balap, sepeda juga digunakan sebagai alat transfortasi sehari-hari. Untuk kebutuhan balap ada beberapa jenis sepeda yang umumnya digunakan dan tentunya dengan penambahanperlengkapan yang dibutuhkan. Seperti apa jenis-jenis sepeda balap dan apa saja perlengkapannya?

Banyak jenis sepeda yang ada dipasaran, umumnya jenis sepeda dengan MTB yaitu sepeda gunung dan jenis road bike atau dikenal dengan sepeda yang dipakai untuk jalan raya. Sepeda gunung dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti; XC trail, All mountain, Competitive XC, Progrsive HT, Freeride/Downhill, Recreational XC. Sedangkan jenis road bike seperti; Time trial(TT), Competitive road, Endurance, Fixed speed dan Fitnes. Kedua jenis sepeda ini banyak melakukan pengembangan khusus dan mengeluarkan beragam jenis sepeda baru seperti; Cyclocross, Dirtjumper dan masih banyak sepeda dengan motif yang lainnya.

Helm

Helm adalah salah satu faktor yang penting bagi pembalap untuk keselamatan. Helm balap memiliki struktur dasar yang tidak jauh berbeda dengan helm biasa terutama untuk helm yang menutupi seluruh wajah (full face).

Bagian-bagian helm terdiri dari:
*. Bagian luar
*. Bagian bantalan
*. Bagian depan/kaca
*. Tali dan kunci pengikat.

- Bagian luar helm menggunakan bahan serat kaca dan karbon yang berfungsi untuk mengalihkan efek jika terjadi benturan di kepala.
- Bagian bantalan adalah bagian pelindung yang berfungsi untuk melindungi tengkorak. Bahan bantalan harus menempel pada lapisan luarnya dengan aman. Helm yang sempurna mengikuti lekuk wajah dan kepala seperti pelipis, hidung , alis dan rahang.
- Bagian depan helm terdapat kaca yang terbuat dari bahan plastik khusu. Kaca helm berfungsi untuk melindungi pembalap dari debu, air ujan, serangga dan benda-benda lainnya yang berterbangan.
- Bagian tali dan kunci pengikat helm berfungsi agar helm tetap berada pada posisi yang tepat, tidak mudah bergeser dan lepas. Helm yang baik memiliki 4 unsur yaitu; nyaman, aman, aerodinamis dan membantu penglihatan.

Perlengkapan lainnya

Sepeda untuk balap sudah dilengkapi dengan dudukan di bagian rangka sepeda, fungsinya untuk menaruh botol minuman yang berguna ketika pembalap berada di area yang jauh dari pemukiman penduduk. Perlengkapan lainnya yang berguna untuk balap sepeda adalah alat komunikasi, phone holder yang umumnya di pasang dibagian setang sepeda.

Itulah jenis-jenis dan perlengkapan olahraga balap sepeda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)