Perlengkapan dalam Permainan Rugby

30 Desember 2015 Olah Raga


Rugby merupakan salah satu olah raga yang keras dan membutuhkan fisik yang kuat. Di Amerika Serikat, olahraga rugby ini disebut dengan football. Di Asia, bermain rugby sebenarnya tidak terlalu populer. Hanya di kalangan tertentu saja olah raga ini sering dimainkan dan hanya kelompok-kelompok tertentu saja yang senang dengan olah raga ini.

Olah raga ini membutuhkan bola yang berbentuk oval dan permainan dilakukan dalam tim. Olah raga rugby sebenarnya mulai dikenal mulai abad ke-18 di Inggris. Alat yang diperlukan untuk bermain rugby adalah bola. Satu tim untuk olah raga rugby adalah 15 orang. Namun, jumlah pemain setiap tim boleh kurang dari 15 pemain dan paling sedikit adalah 5 pemain.


Olah raga rugby baru mulai masuk ke Asia pada tahun 1997 dan mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1998. Di Indonesia, permainan ini sebenarnya tidak terlalu populer. Namun, beberapa orang ada juga yang mengidolakan tim-tim rugby dari Amerika Serikat, Australia, atau Selandia Baru. Tim-tim yang terkenal diantaranya adalah Barbarians, Leicester, Stade Francais, dan masih banyak lagi. Sementara itu, perkumpulan orang-orang yang senang dengan olah raga rugby di Indonesia berada di bawah naungan ISCI Rugby Club Jakarta. Club permainan rugby ini sebagian besar terdiri dari ekspatriat yang berasal dari Amerika Serikat atau negara-negara lain yang memiliki kegemaran bermain rugby.

Cara bermain rugby sebenarnya cukup mudah dengan tetap memperhatikan perlengkapan rugby untuk mulai bermain. Olah raga ini dimainkan dengan memperebutkan bola oval. Sebelum bola diperebutkan, bola dipantulkan terlebih dahulu dan dibawa lari oleh salah seorang pemain hingga mencapai titik milik lawan mainnya. Selama menempuh rintangan untuk menuju ke titik lawan main, si pemain rugby bisa mengoper bola dengan cara melemparkannya. Sementara itu, lawan main bisa menggunakan berbagai cara untuk merebut bola. Karenanya, tak heran jika Alat-alat yang diperlukan untuk bermain rugby ini termasuk baju dan pad yang mampu melindungi tubuh dari benturan keras dari pemain lain.

Perlengkapan rugby yang diperlukan juga meliputi pakaian dan pelindung. Pakaian untuk rugby terbuat dari bahan jersey, celana pendek atau juga bisa mengenakan celana training. Selain itu, pemain rugby juga akan membutuhkan kaos kaki, sepatu boots dan padding tebal yang diletakkan di bagian dalam kaos kaki.

Peralatan rugby lainnya adalah kaos tangan, ankle sports, shoulders pad, chest pad, dan dental protector. Pelindung untuk beberapa bagian tubuh juga diperlukan, seperti pad untuk lutut, siku, dada, dan lengan untuk mencegah terjadinya cidera yang serius. Durasi untuk permainan rugby adalah 90 menit dengan dibagi dua menjadi 40 menit dan istirahat 10 menit.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)