Mengenal Lebih Jauh Brazuca, Bola Resmi Piala Dunia 2014

28 Mei 2014 Olah Raga   |    Lie Hardy Setiady


Brazuca merupakan bola resmi piala dunia pertama yang dinamai melalui oleh public. Nama Brazuca yang terpilih dengan 77,8% suara ini melambangkan kebanggaan brazil atas cara hidup mereka dan pendekatan mereka pada sepak bola, serta emosi, kebanggaan dan niat baik untuk semua. Brazuca dipilih setelah menyisihkan dua pilihan lain Bossa Nov (14,6% suara) dan Carnavalesca (7,6% suara).

Dari aspek teknis, Brazuca merupakan keberhasilan pengembangan Adidas Tango 12 dengan isi dan bentuk yang sama tapi berbeda struktur permukaan. Berikut teknologi yang ada pada bola brazuca

· Brazuca mempunyai enam panel polyurethane yang terhubung erat untuk menjaga berat dan kebulatan bola dalam hujan lebat sekalipun.

· Bentuk panel yang belum pernah dilihat ini merevolusi permainan bola dengan memberikan kecepatan bola yang tinggi di udara dan tetap mempertahankan kebulatan bolanya.

· Sisi dalam dari bola Brazuca terbuat dari karet latex dan memberikan pantulan yang diinginkan.

· Bola ini lebih bertekstur, dari Adidas Jabulani (bola resmi piala dunia Afrika selatan).

· Brazuca merupakan bola yang mempunyai paling banyak warna dari piala dunia FIFA sebelumnya.

Perkenalan bola ini diadakan pada 3 Desember 2013 di Parque lage, Rio de Janeiro. Proyektor cahaya 3 dimensi digunakan untuk menampilkan bola ini untuk semua pengunjung

(Dikutip dari berbagai sumber)