Marcus/Kevin Raih Gelar India Open Superseries 2017

11 April 2017 Olah Raga


Setelah berhasil menjadi juara di All England 2017, pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, kembali meraih gelar juara dalam turnamen bulu tangkis India Terbuka 2017 yang berlangsung di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi. Gelar didapat Marcus/Kevin usai menaklukkan rekan senegaranya yakni Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dengan skor 21-11 dan 21-15.

Ini menjadi gelar yang back to back bagi Marcus/Kevin setelah tahun lalu mereka keluar menjadi juara di India Open 2016. Bahkan di partai puncak mereka mengalahkan lawan yang sama yakni Angga/Ricky dengan skor 21-17 dan 21-13.

Pada pertandingan tersebut, kedua pasangan seperti tampil tidak imbang. Seakan sudah saling mengetahui kelemahan masing-masing, Marcus/Kevin lebih tampil menguasai jalannya pertandingan. Alhasil dua set langsung dimenangkan oleh Marcus/Kevin.

Menurut Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI, Aryono Miranat, kedua pemain sudah saling mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing. Hal tersebut dikarenakan keduanya sering melakukan latihan bersama di Pelatnas Cipayung, Jakarta.

Aryono mengatakan, Marcus/Kevin mampu menguasai permainan sejak awal. Ia menilai, kunci kemenangan ganda putra nomor satu dunia itu terletak pada permainan yang cepat dengan kombinasi serangan dan pertahanan yang baik.

"Gaya permainan Marcus/Kevin memang begitu, main cepat dan bisa menguasai net. Permainan bola-bola datar dan serangannya juga cepat, pertahanan Marcus/Kevin juga cukup baik," tutur Aryono, mengutip dari laman resmi PBSI, Senin (3/4/2017).

Kemenangan Marcus/Kevin di turnamen India Terbuka 2017 ini merupakan gelar kedua selama tahun 2017 setelah All England 2017 dan yang kelima di ajang superseries setelah tahun 2016 lalu mendapat tiga gelar juara yaitu di Australia Terbuka, India Terbuka dan China Terbuka.

Kemenangan ganda Indonesia di final turnamen berhadiah total 325 ribu dolar AS itu, disambut gembira oleh semua pihak, termasuk mantan Ketua Umum PP Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PP PBSI) Gita Wirjawan dalam akun sosial media twitternya.

Oleh: Titi Indriyani
(Dikutip dari berbagai sumber)