Manfaat Dibalik Olahraga Catur

23 Januari 2015 Olah Raga


Catur merupakan olahraga karena unsur kompetisi bukan hanya mental, akan tetapi juga otak, emosi, fisik sekaligus psikologi. Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secarabergantian sampai permainan selesai.

Menurut H. J. R. Murray, penulis buku History of Chess, catur berasal dari India dan mulai ada pada abad ke-6. Di sana catur dikenal dengan nama chaturanga, yang artinya empat unsur yang terpisah. Awalnya, buah catur memang hanya empat jenis. Menurut mistisisme India kuno, catur dianggap mewakili alam semesta ini, sehingga sering dihubungkan dengan empat unsur kehidupan, yaitu api, udara, tanah dan air karena dalam permainannya, catur menyimbolkan cara-cara hidup manusia.

Dalam permainannya, catur mengandalkan analisa dan ketajaman otak pemain, disertai keterampilan strategi dalam menentukan langkah, rencana, risiko, dan menentukan kapan harus berkorban agar menang.Perlahan catur mengalami perkembangan. Dari nama, bentuk, serta peraturan permainannya. Kesemuanya itu mewakili simbol perubahan peradaban.


Akan banyak sekali manfaat olahraga catur, diantaranya:
1. Catur meningkatkan daya konsentrasi, sebab selama bertanding Anda hanya fokus pada satu tujuan untuk skak mat dan menjadi pemenang.
2. Catur mengembangkan pemikiran yang logis. Bermain catur memerlukan strategi yang logis. Misalnya, Anda harus menjaga agar posisi bidak raja senantiasa selamat dan aman dari ancaman lawan, tidak membuat posisi bidak menjadi lemah dan tidak membuat bidak-bidak lainnya dimakan lawan tanpa perlawanan.
3. Catur meningkatkan daya imaginasi dan kretifitas. Membuat Anda menjadi seorang penemu. Begitu banyak kombinasi pertahanan dan perlawanan melalui susunan bidak-bidak yang Anda ciptakan.
4. Catur mengajarkan Anda menjadi mandiri. Anda ditantang untuk membuat keputusan yang penting berdasarkan pengamatan sendiri.
5. Catur mengembangkan kemampuan untuk memprediksi dan melihat segala kemungkinan yang akan terjadi. Ini mengajarkan Anda untuk melihat kedua arah sebelum menyeberang jalan.
6. Catur mengilhami motivasi diri. Hal ini mendorong mencari langkah terbaik, rencana terbaik, dan keluar kelanjutan paling indah dari kemungkinan tidak terbatas. Hal ini mendorong tujuan kekal terhadap kemajuan, selalu kemudi untuk menyalakan api kemenangan.
7. Catur menunjukkan bahwa keberhasilan imbalan kerja keras. Semakin sering Anda berlatih, semakin baik juga permainan Anda. Anda harus siap untuk kehilangan dan belajar dari kesalahan Anda.
8. Catur dan Sains. Catur mengembangkan cara berpikir ilmiah. Sambil bermain, Anda menghasilkan banyak variasi dalam pikiran Anda. Anda menjelajahi ide-ide baru, mencoba untuk memprediksi hasil mereka.
9. Catur dan Matematika. Anda tidak perlu menjadi seorang jenius untuk mencari satu ini. Catur melibatkan jumlah tidak terbatas perhitungan, apa pun dari menghitung jumlah penyerang dan pembela dalam hal pertukaran sederhana untuk menghitung continuations panjang. Dan anda menggunakan kepala anda untuk menghitung, bukan mesin kecil.
10. Catur dan Psikologi. Catur adalah ujian kesabaran, saraf, akan kekuasaan dan konsentrasi. Dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Ini tes sportivitas Anda dalam lingkungan yang kompetitif.

Olahraga catur memang mempunya manfaat-manfaat yang berdampak positif pada diri seseorang, tapi tidak juga dipungkiri bahwa catur juga mempunya sisi negatif yang harus diwaspadai.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)