Luas Lapangan untuk Olahraga Golf

24 Januari 2017 Olah Raga


Golf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin.

Olahraga golf dimainkan disuatu lahan khusus yang disebut padang golf (golf course). Lapangan golf masing-masing memiliki desain yang unik, maka lapangan golf disetiap tempat memiliki ukuran yang berbeda, topografi serta lingkungan yang berbeda. Biasanya suatu padang golf memiliki sejumlah lubang (hole) yang umumnya terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang. Setiap hole biasanya memiliki rintangan atau hazards. Rintangan terdiri atas dua macam yaitu; rintangan air seperti sungai atau danau dan bungker (bunker) berupa cekungan berisi pasir.

Rumput yang ada pada lapangan golf dipotong sangat pendek sehingga bola bisa bergulir dengan mudah. Lubang harus berdiameter 108 mm (4.25 inci), selalu berada di rumput dan memiliki kedalaman sedikitnya 100 mm (3.94 inci). Cup biasanya selalu ditandai dengan sebuah bendera sehingga pemain bisa melihatnya dari kejauhan.

Padang golf memiliki batas yang ditandai dengan pasak-pasak. Di luar tanda itu, dinamakan zona out of bounds atau singkatnya OB. Bila bola pemain mendarat di zona OB maka pemain akan menerima penalti 1 pukulan dan mengulang pukulan dari tempat sebelumnya.
Biasanya padang golf memiliki fasilitas yang bukan merupakan bagian golf course itu sendiri seperti practice range yang disertai practice green, bunker, dan driving area. Tempat melatih pukulan jarak jauh. Selain itu disediakan juga arena berlatih (practice course) yang lebih mudah dan lebih pendek dari lapangan golf biasa.

Hole dikelompokkan berdasarkan par. Par adalah jumlah pukulan yang diharapkan dapat dipenuhi pegolf di setiap hole. Dalam golf, suatu hole bisa digolongkan ke dalam par 3, par 4 atau par 5. Par suatu hole ditentukan berdasarkan jarak dari teeing ground ke green. Jarak teeing ground ke green pada suatu hole ber-par 3 adalah antara 100 sampai 250 yard (91-244 meter). Hole ber-par 4 adalah 251-475 yard (225-434 meter), sementara hole ber-par 5 lebih dari 476 yard (435 meter) walaupun ada juga hole par 5 yang sejauh 600 yard (548 meter).

Pada umumnya, padang golf ada 18 lubang, total pukulan adalah 72 kali yang terdiri dari 4 lubang ber-par 3, 10 lubang ber-par 4 dan 4 lubang ber-par 5.
Par sebuah hole bisa dinaikkan dan bisa jug diturunkan. Bila sebuah lapangan golf digunakan untuk turnamen tingkat internasional. Hole par 5 yang dinilai terlalu pendek untuk ukuran rata-rata kemampuan pegolf internasional.

Oleh: Titi Indriyani
(Dikutip dari berbagai sumber)