Lagu Tema Piala Dunia dari Masa ke Masa - Bagian 2

29 Juni 2014 Olah Raga


Hot Hot Hot (FIFA World Cup 1986, Meksiko)
Lagu resmi dalam Piala Dunia FIFA 1986 di Meksiko menampilkan musisi asal Inggris, Arrow. Lagu berbahasa Inggris ini diproduseri dan diciptakan oleh Alphonsus Cassell and Leston Paul. Lagu Hot Hot Hot merupakan lagu yang masuk dalam album Arrow berjudul sama yang diluncurkan tahun 1982.

Un'estate Italiana (FIFA World Cup 1990, Italia)
Lagu Un'estate Italiana dibuat khusus oleh pencipta lagu Giorgio Moroder dimana liriknya ditulis oleh Tom Whitlock untuk Piala Dunia FIFA 1990 dimana Itali menjadi tuan rumah kompetisi tersebut. Lagu ini dinyanyikan oleh Edoardo Bennato and Gianna Nannini. Un'estate Italiana merupakan lagu dalam versi bahasa Itali. Dan dalam versi bahasa Inggris berjudul To be Number One.

Gloryland (FIFA World Cup 1994, Amerika Serikat)
Gloryland lagu resmi Piala Dunia FIFA 1994 yang diselengarakan di Amerika Serikat. Lagu ini dibawakan oleh Daryl Hall dan Sounds of Blackness. Lagu ciptaan Charlie Skarbek and Rick Blaskey ini juga dibawakan pada pembukaan kompetisi yang masuk tahun ke 15 ini.

The Cup of Life (FIFA World Cup 1998, Perancis)
Pada Piala Dunia edisi ke-16 ini, penyanyi asala Puerto Riko, Ricky Martin ditunjuk sebagai pengisi soundtrack utama Piala Dunia 1998 yang digelar di Perancis. Melalui lagu yang berjudul 'The Cup of Life' atau dalam versi lain berjudul 'Livin' La Vida Loca' ini, berhasil menaikkan pamor Ricky Martin sebagai penyanyi. Lagu yang penuh semangat ini juga bisa dikatakan sebagai soundtrack terpopuler & tersukses dari berbagai edisi Piala Dunia.

Boom (FIFA World Cup 2002, Korea - Jepang)
Lagu resmi Piala Dunia 2002 ini dinyanyikan oleh Anastacia, penyanyi asal Amerika Serikat. Banyak yang menilai bahwa Anastascia tidak tampil maksimal dalam mengisi soundtrack Piala Dunia edisi ke-17 ini. Lagu berjudul Boom ini dinilai masih kalah bagus dengan soundtrack Piala Dunia edisi sebelumnya, The Cup of Life.

Celebrate The Day (FIFA World Cup 2006, Jerman)
Soundtrack utama Piala Dunia 2006 Jerman ini, dinyanyikan oleh Herbert Gronemeyer ft. Amadou & Mariam. Lagu ini tidak cukup populer dibandingkan dengan lagu-lagu edisi Piala Dunia sebelumnya, seperti Boom dan The cup of Life.

Waka Waka (FIFA World Cup 2010, Afrika Selatan)
Shakira terpilih untuk mengisi soundtrack utama Piala Dunia 2010, dengan singlenya yang berjudul 'Waka Waka'. Hal ini menambah semarak pergelaran Piala Dunia 2010, yang merupakan Piala Dunia yang pertama kali digelar di benua Afrika. Dengan sentuhan musik ala Afrika serta dikombinasikan dengan tarian ala Shakira, lagu ini hampir menyamai kepopuleran lagu The Cup of Life milik Ricky Martin.

We Are One (FIFA World Cup 2014, Brasil)
Pittbul, Rapper asal Amerika Serikat terpilih untuk menyanyikan lagu resmi PD 2014 bersama J-Lo & Claudia Leitte. Lagu yang berjudul We Are One ini akan dinyanyikan dalam acara pembukaan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari cekricek.co.id dan sumber lainnya)