Inilah 20 TIM Peserta Piala Presiden 2017 dengan Profil Lengkapnya Bag. 2

10 Februari 2017 Olah Raga


Sambungan dari bagian 1......

GRUP 3
9. Persib Bandung


Beberapa pemain kembali ke kubu Maung Bandung seperti Dedi Kusnandar, Achmad Jufriyanto, Shohei Matsunaga, Wildansyah, dan Supardi Nasir. Pelatih, Djadjang Nurdjaman pun dapat membangun tim sesuai keinginannya setelah pada ISC 2016 lalu ia mendapat tim warisan dari Dejan Antonic. Piala Presiden akan menjadi ajang pembuktian bagi legiun anyar Persib, Erick Weeks Lewis. Performanya akan dinilai sepanjang turnamen dimana ia berpotensi diganti pemain lain bila tampil kurang memuaskan.

10. PSM Makassar


PSM di bawah asuhan Robert Rene Alberts tampil luar biasa di ISC 2016. Sempat terseok di awal musim, begitu kursi kepelatihan dipegang Rene Alberts, PSM langsung merangkak naik di klasemen. Juku Eja pun mengakhiri ISC 2016 di peringkat enam. Kini menyambut musim baru PSM mendatangkan pemain bintang seperti Hamka dan Maitimo. Meski persiapan yang dilakukan tidak terlalu panjang, dengan kualitas yang dimiliki Juku Eja tetap layak disebut sebagai tim unggulan di Piala Presiden 2017.

11. Persela Lamongan


Setelah ditinggal Aji Santoso yang hengkang ke Arema FC, Persela sempat kebingungan menentukan pelatih untuk musim depan. Tapi kini manajemen telah merekrut Herry Kiswanto sebagai nakhodanya. Pergerakan Laskar Joko Tingkir di bursa transfer pun tidak buruk dimana pemain-pemain seperti Samsul Arif, Agung Pribadi, dan Juan Revi sudah resmi bergabung. Kini ramuan dari Herkis akan dinanti dimana Piala Presiden 2017 akan menjadi ujian pertama sebelum terjun di Liga 1 Indonesia.

12. Persiba Balikpapan


Bersama Timo Scheunemann Persiba telah melakukan persiapan selama beberapa pekan terakhir. Piala Presiden 2017 akan menjadi kesempatan bagi Timo untuk menilai kelebihan dan kekurangan yang ada di timnya saat ini. Lawan-lawan yang dihadapi Persiba di Piala Presiden 2017 tidak ada yang mudah. Piala Presiden 2017 pun akan menjadi ajang bagi Abdul Rachman untuk mengukur kesiapan Beruang Madu jelang Liga 1 Indonesia.

GRUP 4
13. Bali United



Skuat Serdadu Tridatu bisa dibilang bertambur bintang. Masuknya Irfan Bachdim, dan Marcos Flores, plus membawa pulang para bintang lokal Bali ke Pulau Dewata terbilang sebagai strategi jitu di bursa transfer kali ini. Namun kendala Bali United adalah tanpa nakhoda di Piala Presiden 2017. Perginya Indra Sjafri ke timnas Indonesia U-19 bisa membuat tim ini timpang. Besar kemungkinan asisten pelatih Eko Purjianto menjadi pelatih sementara di ajang ini. Piala Presiden ini juga menjadi ajang pembuktian para pemain anyar Bali United. Terutama Irfan Bachdim yang kembali bermain di kompetisi Indonesia.

14. Sriwijaya FC


Laskar Wong Kito menjadikan Piala Presiden sebagai sarana yang pas untuk mengetas kekompakan kembali timnya. Tidak banyak merubah kompisisi tim, pelatih Widodo C. Putro mencoba memoles rekrutan anyar seperti Bio Paulin dan Rudolof Yanto Basna agar cepat menyatu dengan pemain lama. Apalagi Sriwijaya FC diyakini akan memperketat pertahanannya.

15. Pusamania Borneo FC


Pesut Etam menjadikan ajang Piala Presiden 2017 sebagai ruang untuk pemain muda. Manajemen PBFC memutuskan untuk menurunkan tim lapis kedua alias PBFC II untuk turnamen kali ini. Ricky Nelson sebagai pelatih diberi tugas khusus untuk memoles skuat muda. Meski bukan favorit juara, PBFC berpotensi mengejutkan. Apalagi mayoritas pemain sudah terasah di tim U-21, setidaknya, mereka bisa unjuk kemampuan sebelum terjun ke Liga 1.

16. Barito Putera


Barito Putera akan meningkatkan teknik dan taktik bermain di Piala Presiden 2017. Anak asuh Jacksen F. Tiago sedang melakukan pemusatan latihan guna membentuk skuat yang tangguh di Liga 1 nanti. Piala Presiden 2017 benar-benar digunakan sebagai ajang persiapan bagi Barito. Target yang diusung klub alumni Galatama ini bukanlah juara, tapi menyatukan kekompakan antar pemain.

GRUP 5
17. Madura United


Laskar Sape Kerrab bakal unjuk kualitas di depan publiknya sendiri. Anak asih Gomes de Oliveira memiliki pemain-pemain kelas wahid. Setelah mendapatkan Greg Nwokolo dan Luis Carlos Junior, MU membeli Fachrudin Aryanto dari Sriwijaya FC. Tentu saja, dengan hadirnya bek timnas Indonesia itu, kekuatan MU di lini belakan bertambah solid.

18. Semen Padang


Tim Urang Awak bakal menjadi pesaing berat Madura United di Grup 5 ini. Anak asuh Nilmaizar bakal mengandalkan kekuatan penyerang Marcel Sacramento yang musim lalu menjadi bomber haus gol Semen Padang. Jika merkea bisa bermain konsisten, bisa saja tuan rumah alami hal tak menyenangkan saat berhadapan dengan Semen Padang. Setidaknya pengalaman klub Kota Padang itu lebih besar dibanding Madura United.

19. Perseru Serui


Klub berjuluk Cenderawasih Jingga ini termasuk tim yang mepet persiapannya. Pelatih Yusack Sutanto baru mengumpulkan pemain pada minggu ini di Stadion Marora. Kabarnya, Perseru sedang melakukan pemusatan latihan di Mojokerto, Jawa Timur. Perseru akan mengandalkan pemain muda sebanyak 19 pemain, salah satu bintang mereka, Boman Irie Aime bakal jadi andalan klub timur Indonesia itu.

20. PSCS Cilacap


Ini merupakan klub dari Liga 2 yang mengikuti Piala Presiden 2017 selain PSS Sleman. Berstatus sebagai juara ISC B musim lalu, Laskar Nusakambangan tentu tak ingin tampil mengecewakan. Meski peluang tipis untuk lolos dari Grup 5, permainan cantik setidaknya bakal disuguhkan oleh Ugik Sugiyanto dkk di Pamekasan nanti.

Itulah profil lengkap 20 tim peserta di Piala Presiden 2017.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)