Inilah 20 TIM Peserta Piala Presiden 2017 dengan Profil Lengkapnya Bag. 1

10 Februari 2017 Olah Raga


20 tim bakal menjalani turnamen pramusim Piala Presiden 2017. Nantinya seluruh tim akan dibagi ke dalam lima grup yang memainkan pertandingan di Malang, Sleman, Madura, Bandung serta Gianyar. Laga pembuka akan mempertemukan tuan rumah PSS Sleman dengan sang juara Indonesia Soccer Championship 2016 Persipura Jayapura. Duel kedua tim digelar di Stadion Maguwoharjo, 4 Februari 2017. Setelah itu babak penyisihan grup akan terus berlangsung hingga 19 Februari 2017. Nantinya dipilih lima juara grup beserta tiga runner up terbaik untuk melanjutkan persaingan di babak delapan besar. Fase tersebut akan digelar dalam dua hari yakni 25 dan 26 Februari 2017.

Laga puncak nantinya akan diadakan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 12 Maret 2017. Tim yang juara berhak membawa pulang hadiah senilai Rp3 miliar. Sedangkan runner up bakal diberi Rp2 miliar dan peringkat tiga Rp1 miliar.

Berikut ini profil lengkap 20 tim peserta di Piala Presiden 2017:
GRUP 1
1. PSS Sleman



Bila dibandingkan dengan tiga tim lain, PSS berada di dalam posisi tidak menguntungkan karena tidak menggunakan jasa pemain asing. Meski pihak operator mengizinkan tapi PSS memilih untuk hanya mengandalkan pemain lokal untuk menyesuaikan diri untuk kompetisi Liga 2 musim depan yang tidak boleh menggunakan pemain asing. Tim pelatih PSS akan memanfaatkan ajang ini untuk mengukur sejauh mana perkembangan anak asuhnya dan sebagai rujukan evaluasi sebelum bulan Maret mendatang dimulainya Liga 2.

2. Persipura Jayapura


Jelang Piala Presiden 2017 ada beberapa kendala yang dialami Persipura seperti kesepakatan nominal dana dari sponsor, regulasi baru PSSI dan lain sebagainya. Tapi Persipura tetaplah Persipura yang merupakan salah satu tim tertangguh di Indonesia. Kapten tim, Boaz Solossa yang pada ISC 2016 absen di banyak laga kemungkinan dapat diturunkan dalam turnamen ini sehingga akan menjadi andalan bagi pelatih Alfredo Vera di lini depan.

3. Mitra Kukar


Mengakhiri musim di peringkat 10 ISC 2016 tentu tidak diharapkan oleh Mitra Kukar yang merupakan tim langganan papan atas. Untuk Liga 1 Indonesia, target papan atas harus kembali dicanangkan oleh Mitra Kukar. Tim asuhan Jafri Sastra tersebut akan menjadikan ajang Piala Presiden 2017 sebagai pematangan tim sekaligus mencari komposisi pemain asing yang pas.

4. Persegres Gresik United


ISC 2016 tentu ingin segera dilupakan oleh Persegres. Mengakhiri musim di peringkat 17 klasemen tentu hal yang tidak ingin diulangi. Musim depan target lebih tinggi harus dicapai karena bila hal yang sama terulang maka Persegres harus rela terdegradasi. Di bawah asuhan pelatih anyar, Hanafi, Persegres telah melakukan persiapan dalam satu pekan terakhir. Kini kemampuan Choi Hyun Yeon CS akan diuji di Piala Presiden 2017.

GRUP 2
5. Arema FC



Arema FC salah satu kandidat tim juara Piala Presiden 2017. Statusnya sebagai tuan rumah juga diperkuat dengan materi pemain kelas satu, membuat Singo Edan masuk sebagai tim tier 1 yang diunggulkan. Beberapa pemain bintang dan muda bakal dipoles pelatih Aji Santoso. Selain itu, Aji juga menjadikan Piala Presiden 2017 sebagai ajang pemanasan untuk kompetisi Liga 1.

6. Bhayangkara FC


Jelang Piala Presiden 2017, Bhayangkara FC mengumpulkan beberapa pemain muda terbaik guna bersiap dalam kompetisi Liga 1. Di bawah komando Simon McMenemy, Bhayangkara menjadi tim yang diyakini bakal bisa bersaing di kompetisi musim depan. Nama-nama seperti Alfin Tuasalamony, Muhammad Hargianto, Evan Dimas, sampai Dendy Sulistyawan, bakal jadi amunisi Bhayangkara di turnamen pramusim ini. Tak heran, banyak pundit lokal menilai Bhayangkara sebagai tim muda yang berbahaya.

7. Persija Jakarta


Persija Jakarta bakal menjadikan Piala Presiden 2017 sebagai pemanasan dan pematangan skuat muda mereka. Macan Kemayora kali ini memiliki pelatih anyar bernama Stefao Cugurra Teco dari Brasil. Tentu saja, ajang ini bakal dimanfaatkan Teco guna memoles beberapa pemain baru yang datang ke Persija. Kombinasi pemain muda dan senior bakal terus diasah oleh Teco melalui pertandingan Piala Presiden 2017. Tapi, nama besar Persija juga berpotensi membuat kejutan di turnamen ini.

8. PS TNI


PS TNI mengusung target cukup tinggi di Piala Presiden 2017 dan Liga 1. Berbekal skuat dengan mayoritas anggota TNI, kini klub berjuluk The Army itu akan diperkuat pemain asing, yakni Ibrahim Conteh. Tentu saja, kekuatan PS TNI semakin bertambah kuat jika digabung dengan beberapa pemain lama seperti Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu. Di bawah asuhan Mustaqim, PS TNI menjadi tim yang cukup berbahaya di Piala Presiden kali ini.

Bersambung ke bagian 2......

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)