Ini Logo dan Maskot Baru Asian Games 2018

9 April 2017 Olah Raga


Indonesia resmi meluncurkan logo dan maskot baru Asian Games 2018 yang terinspirasi Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta dan tiga satwa khas Indonesia yang merefleksikan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

Perusahaan studio grafis, feat, yang berhasil menjadi pemenang sayembara logo dan maskot AG 2018 dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Bila pada saat Drawa tema yang diusung adalah keindahan, kali ini logo dan maskot baru AG 2018 mengusung tema The Energy of Asia.

Direktur Kreatif feat, Jefferson Edri, diminta Bekraf membuat logo dan maskot tersebut berdasarkan tiga aspek yaitu: Asia, Indonesia, dan Olahraga.

"Tugas kami di sini mencari simbol unik yang bisa mengaitkan ketiga aspek tersebut," kata Jefferson saat peluncuran logo dan maskot AG 2018 di Kantor Staf Presiden, Jakarta.

Peluncuran logo dan maskot itu dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Muddai Madang, dan Sekretaris Jenderal Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASCOG) Sylviana Murni.

Untuk logo Asian Games, terinspirasi dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno, yang melihat Asian Games sebagai suatu kesempatan penting untuk mengukuhkan posisi Indonesia di peta dunia. Ambisi Soekarno salah satunya bisa dilihat dari dibangunnya SUGBK. SUGBK saat itu menjadi salah satu stadion terbesar di dunia.

"Maka dari itu kami mengambil tema sistem identitas Asian Games 2018 ini adalah Keep The Dream Alive, yang ingin kami sampaikan adalah cita-cita dan mimpi itu tetap terjaga. Maka dari itu kami mengambil bentuk dasar SUGBK (sebagai identitas AG2018)," ujar Jefferson.

Sedangkan maskot Asian Games terdiri dari tiga gambar satwa Indonesia yaitu burung cendrawasih bernama Bhin Bhin, Atung dan Ika.


Bhin Bhin merupakan seekor burung Cenderawasih jenis Paradisaea Apoda. Di AG 2018, ia melambangkan strategi dan mengenakan kain Asmat Batik dari Irian Jaya.


Atung adalah seekor rusa bawean Hyelaphus Kuhlii bersarung batik parang yang melambangkan kecepatan.


Sedangkan Ika adalah badak bercula satu yang menggunakan syal bermotif bunga dari Palembang dan melambangkan kekuatan.

Sekjen INASCOG Sylviana Murni mengatakan Komite Olimpiade Asia (OCA) sudah menyetujui logo dan maskot baru Asian Games 2018 yang diajukan Indonesia. "OCA akan mengampanyekan logo dan maskot baru itu ke 45 negara peserta Asian Games.

Oleh: Titi Indriyani
(Dikutip dari berbagai sumber)