Hal yang Perlu Diperhatikan bagi Pemula untuk Olahraga Bowling

4 Juni 2016 Olah Raga


Olahraga bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup elegan namun sangat menantang. Masih banyak orang yang belum mengenal apa itu bowling karena memang jenis olahraga ini masih digemari oleh beberapa kalangan tertentu. Bila Anda tertarik dengan olahraga bowling maka ada beberapa hal yang mesti diketahui.

Bola untuk bowling ada beberapa macam yang dibagi berdasarkan beratnya yaitu
*. Bola yang berat
*. Bola yang sedang
*. Dan bola yang ringan


Bola berat sebenarnya lebih enak dipakai karena lebih stabil larinya sedangkan bola yang ringan seringkali susah diatur arahnya. Namun para pemula disarankan untuk memulai dengan bola yang ringan supaya lebih mudah beradaptasi dan menghindari cedera.

Bola bowling memiliki tiga buah lobang yang digunakan untuk mencengkeram bola sebelum menggelindingkannya. Anda perlu memasukkan jari tengah, ibu jari dan jari manis kedalam bola melalui tiga lobang tersebut. Bagi Anda khususnya para wanita yang memiliki kuku jari tangan yang panjang, mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk memotong kuku Anda supaya lebih bebas saat mencengkeram maupun menggelindingkan bola.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat mulai bermain bowling adalah memperhatikan langkah saat memulai ancang-ancang pelembaran bola. Perhatikan teknik melangkah saat menggelindingkan bola, karena hal tesebut sangat mempengaruhi tingkat kecepatan dan arah gelinding bola. Kedua kaki harus melangkah dengan lurus di awal dan pastikan untuk mengawali langkah dengan kaki kiri. Kaki tidak boleh melanggar batas jarak yang sudah ditentukan ketika Anda melempar bola karena ini bisa berbahaya bagi pemain itu sendiri. Sudah banyak kasus dimana para pemain bowling terjatuh bahkan hingga cedera dikarenakan tidak melakukan teknik dasar ini dengan benar.

Mengingat lantai arena bowling bisa menjadi sangat licin, maka pemain harus memakai sepatu khusus saat bermain bowling. Ini penting dan harus benar-benar diperhatikan oleh para pemula, guna menghindari kecelakaan saat bermain bowling. Masih tentang licin, mungkin ada baiknya Anda membawa bedak, kapur atau handuk sendiri apabila arena bowling tidak menyediakannya. Ini penting bagi Anda yang tangannya sering berkeringat supaya tangan tidak licin saat mencengkeram bola yang dapat menyebabkan bola bowling dapat terlepas tanpa disengaja. Hal tersebut dapat mengakibatkan cedera karena beratnya beban bola bowling.

Sekalipun bowling bukanlah olahraga yang menguras keringat seperti bermain sepakbola atau bola basket namun ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Ini penting mengingat dalam melempar bola dibutuhkan teknik khusus yang menuntut kelenturan. Diharapkan dengan melakukan pemanasan maka bisa membantu Anda untuk terhindar dari cedera ataupun terkilir, terutama pada pangkal kaki dan lengan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)