Hal yang Harus di Ketahui oleh Para Surfing

15 Januari 2016 Olah Raga


Olahraga surfing adalah salah satu jenis olahraga air yang sangat diminati. Banyak orang menganggap bahwa surfing adalah salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menikmati laut. Hempasan gelombang ombak, sengatan matahari, dan juga hembusan angin pantai merupakan perpaduan yang sangat menyenangkan untuk dinikmati dengan surfing. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi seru olahraga air yang satu ini, Anda bisa mulai mempelajarinya. Berikut ini adalah hal yang sangat penting untuk di ketahui.

1. Mengerti karakter air atau ombak
Pertama yang harus dimengerti oleh para peselancar adalah mengerti benar karakter air atau ombak, peselancar harus tahu di mana letak air dangkal, di mana letak karang-karang. Ini tentu saja akan menghindarkan peselancar dari hal-hal yang berbahaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau luka para jika mengalami kecelakaan. Lihatlah kearah keluar dari ombak dengan teliti. Lihatlah arah arus. Terakhir, tahu di mana ombak akan pecah dan bagaimana ombak pecah. Biasanya ada yang ke kiri atau ke kanan, atau ada yang pecah mengarah ke-duanya.

2. Paddle Out
Posisikan diri agak jauh dari surfer lain, pastikan aman dari karang, dan ambil ombak dari sisi bawah. Etika berselancar adalah hal yang penting untuk dipahami.

Bodyboarding, gerakkan kaki seperti tendangan katak, dan gerkakan tangan hingga ada di atas ombak siap pecah dan meluncur deras ke bawah.

Surfing, menggunakan longboard atau shortboard lebih memerlukan usaha, karena Anda sekarang hanya mengandalkan dada untuk menangkap ombak, Anda butuh mengangkat kepala dan gerakan kaki dan tangan secara simultan.

Stand up paddle boarding, lebih gampang secara teori untuk menangkap ombak, dan agak susah untuk kembali pada pusat ombak. Menangkap ombak harus menggerakkan dayung kiri dan kanan secara penuh hingga ada di depan poin ombak pecah.

3. Choose a Direction
Ketika Anda diatas ombak Anda harus memutuskan secepat kilat kemana Anda akan bergerak kanan atau kiri, jika menggunakan bodyboard, Anda hanya butuh memiringkan badah dan tangan memegang bagian tengah ujung bodyboard. Jadi jika belok kanan maka tangan kanan memegang ujung tengah dan tangan kiri memegang railing dekat dengan badan, badan agak di sandarkan ke kanan seiring mengikuti laju ombak. begitupun sebaliknya.

Surfing papan selancar kecil agak sulit untuk manuver, ketahui dulu di mana posisi kakimu, goofy atau reguler. Maksudnya goofy adalah kaki kanan di depan dan kaki kiri jadi tumpuan, reguler kaki kanan jadi tumpuan untun manuver dan pivot ombak. Ingat untuk lebih rilek di atas ombak, karena ini agak komplek ketika di atas air, jauh berbeda dengan teori di darat. Paddle boarding setelah terasa papan melaju di depan ombak, tinggal condongkan badan ke arah.

4. Catch a Wave
Untuk menangkap ombak Anda membutuhkan usaha lebih dengan cara menyeimbangkan badan, papan dan ombak, pastikan waktu dan gerakan tubuh seimbang dan beriringan di depan ombak penghantar. Ketika Anda di depan ombak cara bodyboard, surfboard dan SUP board relative sama.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber
)