Fakta Unik Dibalik Ajang Olimpiade Rio 2016

16 Agustus 2016 Olah Raga


Olimpiade Rio 2016 yang dibuka pada Jumat, 5 Agustus 2016 di Stadion Maracanã, Rio de Janeiro, dan berakhir pada 21 Agustus 2016, merupakan pesta olahraga terbesar yang pertama kalinya diselenggarakan di Amerika Selatan. Kota Rio De Janeiro mengalahkan Chicago, Madrid, dan Tokyo dalam beeding yang dilakukan pada 2009 silam. Sejumlah fakta menarik tentunya menyertai seremoni pembukaan Olimpiade 2016 dan ternyata menyimpan fakta menarik lainnya.

Berikut beberapa fakta unik Olimpiade Rio 2016:
1. Persiapan

Creative director upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 adalah sutradara film kenamaan Brasil, Fernando Meirelles, yang dibantu oleh dua produser Daniela Thomas dan Andrucha Waddington serta koreografer Deborah Colker. Persiapan untuk para pengisi acara sudah dimulai sejak akhir Mei 2016. Geladi kotor upacara pembukaan juga sudah dilakukan pada akhir pekan lalu.

2. Pengisi Acara
Sebanyak 700 orang (termasuk penari dan aktor) akan menjadi pengisi acara upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Jumlah pengisi acara terpaksa dipangkas dari awalnya 3.000 orang dengan alasan finansial.

3. Stadion Maracana yang Legendaris
Stadion kebanggaan masyarakat Brazil ini telah sukses menjadi lokasi penyelenggaraan dua agenda olahraga besar dunia, yakni Piala Dunia 1950 dan 2014. Kini, stadion berkapasitas 78 ribu orang ini akan menjadi lokasi pembukaan dan penutupan Olimpiade 2016.

4. Tema
Upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mengambil tiga tema utama yang membawa pesan kuat terhadap lingkungan hidup dan perdamaian, yaitu taman, keanekaragaman, dan kegembiraan (garden, diversity, and joy).

5. Pembawa Bendera
Setiap upacara pembukaan Olimpiade musim panas atau musim dingin selalu dihiasi seremoni defile atlet setiap negara. Masing-masing negara akan memilih atlet yang mendapat kehormatan membawa bendera dalam parade. Berikut ini adalah beberapa nama tenar yang dipercaya menjadi pembawa bendera negara masing-masing pada upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016:

1. Luis Scola (Argentina)
2. Vasil Kiryienka (Belarusia)
3. Lei Sheng (China)
4. Caroline Wozniacki (Denmark)
5. Teddy Rinner (Prancis)
6. Timo Boll (Jerman)
7. Andy Murray (Britania Raya)
8. Maria Natalia Londa (Indonesia)
9. Federica Pellegrini (Italia)
10. Shelly-Ann Fraser-Pryce (Jamaika)
11. Keisuke Ushiro (Jepang)
12. Lee Chong Wei (Malaysia)
13. John Obi Mikel (Nigeria)
14. Gu Bon-gil (Korea Selatan)
15. Rafael Nadal (Spanyol)
16. Ratchanok Intanon (Thailand)
17. Michael Phelps (AS)

6. Bertabur Bintang
Beberapa bintang terkenal akan terlibat dalam upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Mereka adalah supermodel Gisele Bundchen, aktor Judi Dench, aktris Fernanda Montenegro, penyanyi Paulinho da Viola, Caetano Veloso, Elza Soares, Gilberto Gil, Anitta, Karol Conka, dan MC Soffia, serta model transgender Lea T.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)