Yuk, Berlibur Sambil Belajar Anglung di Saung Angklung Udjo!

2 Juli 2018 Kesenian


Angklung sudah menjadi ciri khas kebanggaan Indonesia, khususnya Jawa Barat. Alat musik yang satu ini berbeda dari alat musik kebanyakan. Walau bentuknya yang unik, namun jika dimainkan dengan harmonisasi yang baik akan menghasilkan suara yang merdu. Nah, di daerah Bandung, ada satu tempat wisata yang unik, menghibur, mendidik, dan tentu saja berkaitan dengan angklung, yaitu Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo adalah pusat pelestarian dan pertunjukan kebudayaan tradisional. Seperti nama tempatnya, Saung Angklung Udjo didirikan oleh seorang budayawan Sunda bernama Udjo Ngalagena bersama istrinya. Memiliki tekad memelihara dan mempertahankan alat musik Angklung, itulah yang menyebabkan Udjo membuat tempat cagar budaya ini.

Karena sejarah serta tujuan pendiriannya, Saung Angklung Udjo mampu menarik minat banyak wisatawan, baik wisatawan domestic maupun mancanegara. Setiap ada pementasan musik angklung, tempat ini selalu diramaikan pengunjung.

Di sini, Anda bisa belajar bermain angklung serta melihat proses pembuatannya. Selain itu, ada beberapa pertunjukan yang dapat Anda saksikan, seperti Wayang Golek, Helaran, Tari Topeng, dan Angklung Orkestra.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Saung Angklung Udjo, tempat ini berlokasi di Jalan Padasuka No 118, kawasan Bandung Timur, Jawa Barat. Harga tiket untuk weekdays adalah Rp 60.000 dan weekends adalah Rp 75.000, sudah termasuk welcome drink dan menonton pertunjukan selama 2 jam.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)