Wah, Ternyata Musik Gamelan Jadi Ilustrasi Musik The Hobbit!

1 Juli 2019 Kesenian


Siapa yang tidak tahu The Hobbit? Film petualangan ini sangat terkenal di seluruh dunia. Film The Hobbit merupakan prequel dari film sebelumnya, The Lord of the Ring. Dan tahukah kamu, film ini melibatkan animator Indonesia, yaitu Rini Sugianto. Tidak hanya animatornya, pada suatu segmen di film kedua The Hobbit, The Desolation of Smaug, menggunakan musik khas Indonesia, yaitu gamelan Jawa!

Semua berawal dari keikutsertaan kelompok gamelan Padhang Moncar dalam beberapa pementasan New Zealand Symphony Orchestra. Di saat itu juga, Peter Jackson, sengaja mencari suara musik yang baru, khususnya musik dari Timur.

"Dari sana mulai ada titik terang. Music Director dari the Hobbit menghubungi New Zealand Symphony Orchestra dan mereka memberikan nama saya untuk melihat gamelan," papar Music Director dari kelompok Gamelan Padhang Moncar, Budi Surasa Putra.

"Kami beberapa kali membuat kolaborasi west and east bersama New Zealand Symphony Orchestra di Town Hall. Dari sana mereka,tim produksi The Hobbit, tahu ada gamelan. Mereka sebelumnya sempat terkesan dengan permaianan gamelan," pungkasnya.

Proses hingga terpilihnya gamelan untuk digunakan dalam ilustrasi musik film the Hobbit ini tidaklah cepat. Pihak film the Hobbit tidak langsung setuju begitu saja untuk menggunakan gamelan dalam penggarapan ilustrasi musiknya. Setelah melihat langsung instrumen gamelan milik kelompok Gamelan Padhang Moncar, Budi kemudian memberikan rekaman contoh musik gamelan untuk didengarkan lebih lanjut.

"Langkah selanjutnya, mereka datang dengan kru dan mencoba untuk merekam suara-suara (gamelan). Setelah itu mereka coba memasukkan nada-nada yang mereka mau di suara gamelan, yang seperti ada di trailer," ujar pria yang juga berprofesi sebagai dosen mata kuliah gamelan di New Zealand School of Music di Selandia Baru.

Bagi Budi, keterlibatan gamelan dalam film yang diadaptasi dari buku karya J. R. R. Tolkien ini adalah satu hal yang sangat membanggakan. Para anggota kelompok Gamelan Padhang Moncar yang seluruhnya adalah warga lokal Selandia Baru dan warga Internasional juga ikut bangga akan keterlibatan mereka dalam penggarapan ilustrasi musik film the Hobbit kali ini.

Mau tahu bagaimana suara gamelan di film The Hobbit? Simak videonya berikut (pada durasi 7: 04)!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)