Uniknya Pentas Musik dari Barcelona Satu Ini!

3 September 2018 Kesenian


Pentas musik di atas panggung? Sudah biasa. Bagaimana kalau pentas seni di dalam sebuah roda besar? Aneh tapi nyata, pentas musik itu ternyata ada di Kota Barcelona, Spanyol. Pentas musik ini dinamakan Rodafonio.

Rodafonio adalah sebuah teater jalanan yang mulai diperkenalkan pada tahun 2010. Pentas musik yang hanya ada di Barcelona ini memakai sebuah alat berbentuk roda raksasa yang dapat menampung lima orang. Dibuat oleh seorang desainer dan musisi terkenal Cesar Alvarez Bayer, roda raksasa ini memiliki tinggi 4 meter dan lebar hanya 15 cm.

Di dalam roda raksasa Rodafonio terdapat tiga bundaran untuk tiga pemain musik duduk. Alat musik yang mereka mainkan berupa gitar, saksofon, dan satu set drum. Sesekali mereka berputar dalam roda raksasa tersebut. Dua orang lainnya mengayuh pedal agar alat tersebut dapat berjalan.

Pertunjukan musik keliling memperlihatkan suatu kerjasama antara prinsip geometrid an musik. Rodafonio pun berhasil memberi kemeriahan di setiap jalan di Barcelona. Rodafonio sendiri diproduksi atas kerjasama dengan Dewan Kota Barcelona untuk La Mercè.

La Mercè adalah festival tahunan yang menampilkan musik, tarian, pentas seni, dan kebudayaan popular yang digelar selama enam hari dalam merayakan perayaan Katolik Roma, Our Lady of Mercy.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags