Tips Pajang Lukisan dan Foto Agar Menarik

15 Juni 2015 Kesenian


Anda penyuka koleksi karya lukisan atau foto pasti ingin memamerkannya di rumah atau di ruang kerja Anda. Agar lukisan dan foto terlihat lebih menarik, penataannya juga perlu diperhatikan. Bagimana cara menata koleksi gambar agar lebih menarik?

Berikut ini beberapa tipsnya:

Pemilihan tempat

Anda bisa memajang koleksi gambar dimana saja, baik ruang publik seperti ruang tamu dan koridor rumah, atau ruang privat seperti kamar tidur atau ruang kerja. Namun, perlu diperhatikan tempat pemajangannya. Pilih area yang lebih luas tanpa harus terhalang furnitur. Pastikan area tersebut tidak terkena sinar matahari. Anda pasti tak mau warna lukisan atau foto jadi pudar gara-gara terpapar sinar matahari langsung?

Pemilihan warna dinding

Pilihan warna dinding yang tepat akan membuat lukisan atau foto bisa tampil standout. Kebanyakan galeri seni atau museum mengecat dindingnya dengan warna putih. Atau Anda bisa gunakan salah satu warna yang ada di dalam lukisan atau foto. Pilih setingkat atau dua tingkat lebih muda dari warna pilihan tersebut, sehingga tak mengalahkan atau bersaing dengan warna lukisan atau foto.

Pemilihan bingkai

Memilih bingkai yang penuh ornamen justru mengalihkan perhatian orang dari lukisan atau foto itu sendiri. Untuk itu, gunakan bingkai yang simple agar lukisan lebih menonjol. Benda sederhana seperti clipboard juga bisa dijadikan bingkai gambar Anda lho!

Berikut ini ada contoh pajangan yang bisa jadi referensi menata koleksi Anda:


-


-


-


Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags