Tips Belajar Desain Grafis bagi Pemula

23 Maret 2015 Kesenian


Dalam dunia desain melibatkan tiga hal, yaitu pengetahuan, seni, dan keterampilan. Namun untuk belajar sendiri apa yang pertama kali perlu dilakukan adalah merupakan suatu yang tidak pasti, ibarat desain adalah kotak persegi bisa saja Anda mempelajarinya dari samping kiri atau tengah atau bahkan dari ujung.

Melatih keahlian itu mudah. Cukup sering belajar dan perbajak waktu dalam desain grafis, maka teknik dan hasil desain akan semakin membaik. Sebenarnya bagian yang sulit bukanlah bagaimana mempelajarinya. Namun, bagaimana cara mendapatkan idea pa yang akan kita desain. Berikut ini tips yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin belajar ilmu desain grafis:

Pemilihan Font dan Scale

Gunakan font yang mudah dibaca untuk desain yang sederhana. Pengaturan ukuran font juga tak kalah pentingnya. Skala huruf memberikan penekanan proporsional sehingga pesan lebih kuat tersampaikan.

Pemilihan Warna dan Tingkat Kecerahan

Pemilihan warna tergantung dengan jenis desain yang Anda buat. Misalkan, warna gradasi agar desain terlihat bervariasi, atau flat design yang tidak menggunakan gradasi. Atur kekontrasan tiap warna sehingga menciptakan gradasi yang indah. Mengatur tingkat kecerahan juga tak kalah pentingnya untuk mengimbangi warna teks pada desain.

White Space

White Space atau ruang kosong membuat pesan yang ingin disampaikan lebih mudah dibaca dan dipahami. Desain yang sedehana lebih memungkinkan untuk menarik perhatian dibandingkan desain dengan komposisi yang berantakan. Untuk informasi tentang White Space, bisa lihat di laman ini: Pentingnya White Space dalam Desain.Jangan terburu - buruDalam dunia desain, tidak ada yang menjadi profesinal secara instan. Semua butuh kerja keras dan latihan terus - menerus. Pastikan Anda bersabar dalam membangun skill. Jangan mudah iri dan frustasi bila melihat karya teman atau orang lain yang lebih bagus.

Cari referensi

Di Google, Anda bisa mencari berbagai tutorial gratis, software gratis, dan referensi lain yang dapat membantu Anda belajar desain grafis.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)