Ternyata Ada Berbagai Jenis Gasing di Indonesia!

4 Februari 2017 Kesenian


Siapa yang suka main gasing saat masa kecil dulu? Gasing merupakan permainan tradisional yang biasanya dimainkan setelah musim menuai. Gasing biasanya berbentuk seperti tabung dengan ujung lancip di ujungnya. Siapa yang gasingnya lebih lama berputar, dialah pemenangnya.

Ternyata gasing memiliki jenis - jenis yang berbeda. Berikut jenis - jenisnya:

Gasing Bambu

Gasing Bambu terbuat dari bambu. Biasanya berwarna kuning muda, merah hijau, jingga dan merah. Teknik pembuatannya dengan menggunakan gergaji untuk memotong bambu, pisau untuk meraut bilah dan besi panas untuk melubangi bilah.

Gasing Paku Berindu

Gasing yang satu ini terbuat dari buah paku bindu atau biji pakis serta bilah bambu. Teknik pembuatannya dengan cara diraut, dikorek, dan dilobangi dengan menggunakan pisau dan lidi. Cara memutar gasingnya tidak menggunakan tali, melainkan diputar dengan tangan.

Gasing kayu

Seperti namanya, gasing kayu dibuat dari bahan kayu yang keras, seperti kayu petai cina, rukam, kemining, jeruk, dan lain - lain. Bentuknya seperti guci kecil atau menyerupai buah bengkuang.

Gasing Buah Parah

Gasing ini terbuat dari buah parah (biji karet), bilah bambu, dan benang. Cara memainkan dengan menggulung benang terlebih dahulu, kemudian benang ditarik dan gasing dilepaskan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)