Tak Hanya Unik, Ukiran Tana Toraja Punya Makna Tersendiri!

8 Januari 2015 Kesenian


Tana Toraja, atau biasa disebut Tator adalah salah satu daerah yang terkenal akan ukirannya. Ukiran ini menjadi kesenian khas suku bangsa Toraja di Sulawesi Selatan. Ukiran dibuat menggunakan alat ukir khusus di atas sebuah papan kayu, tiang rumah adat, jendela, atau pintu. Bukan asal ukiran, setiap motif ukiran dari Tana Toraja memiliki nama dan makna khusus.

Keteraturan dan ketertiban merupakan ciri umum dalam ukiran kayu Toraja. Selain itu, ukiran Tana Toraja memiliki sifat abstrak dan geometris. Tumbuhan dan hewan sering dijadikan dasar dari ornament Toraja. Berikut beberapa nama ukiran Toraja dan maknanya:

1. Neq Limbongan


Kata ‘Neq’ berarti danau, sedangkan ‘Limbongan’ berarti sumber mata air yang tidak pernah kering sehingga menjadi sumber kehidupan. Karena makna tersebut, motif ini berbentuk seperti aliran air yang memutar dengan panah di keempat mata angin. Motif ini diyakini bahwa rejeki akan datang dari empat penjuru dan memberi kebahagiaan.

2. Paqtalinga


‘Talinga’ artinya telinga. Jadi, makna ukiran ini sebagai peringatan agar manusia menggunakan telinganya dengan benar.

3. Paqerong


‘Erong’ adalah peti untuk menyimpan tulang belulang orang yang wafat bagi orang Toraja. Motif yang berbentuk seperti kepala kerbau atau babi ini dimaknai sebagai harapan agar arwah leluhur menjaga dan memberkahi rejeki.

4. Paqsiborongan


‘Borongan’ artinya bekerja secara berkelompok. Motif ukir ini menjadi ukiran di rumah - rumah orang Toraja. Ukiran dengan motif bunga mekar ini sebagai lambang semangat persatuan dan kekerabatan.

5. Paqulu Gayang


‘Ulu’ artinya bagian kepala dan ‘gayang’ artinya keris emas. Ukiran ini menyerupai bagian kepala keris emas dan mempunyai makna perjuangan dalam mencari harta, terutama emas.

6. Paqulu Karua


‘Ulu Karua’ berarti kepala delapan. Di Toraja terdapat mitos bahwa leluhur mereka berjumlah delapan kepala. Karena itu, motifnya menyerupai angka delapan dan melambangkan ilmu pengetahuan.

7. Paqtanduk Reqpe


‘Tanduk reqpe’ artinya tanduk yang menggelayut ke bawah seperti ranting pohon yang keberatan buah. Ukiran dengan motif seperti tanduk kerbau ini melambangkan perjuangan hidup dan jerih payah.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)