Sulap Tidak Sama dengan Sihir!

9 September 2019 Kesenian


Bagaimana reaksi Anda ketika sedang melihat pertunjukan sulap? Pasti Anda kerap bertanya - Tanya dan berpikir keras ketika menontonnya. Kok bisa? Caranya bagaimana? Nanti bakal kayak gimana ya selanjutnya? Pertanyaan - pertanyaan tersebut selalu terbesit dalam benak Anda saat melihat sulap. Namun jangan selalu beranggapan sulap itu memakai kekuatan gelap lho!

Sulap adalah seni pertunjukan yang sekarang ini banyak diminati oleh seniman maupun masyarakat. Seni sulap menggunakan trik, kecepatan tangan, dan teknik yang bisa membuat para penonton terpukau. Sulap juga menggunakan peralatan unik yang membuat penonton lebih tertarik. Semua trik sulap yang dilakukan dapat dijelaskan secara logis dan dibuktikan.

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa sulap menggunakan ilmu supranatural. Padahal, hal yang menggunakan ilmu gelap itu bukanlah sulap, melainkan sihir. Sulap merupakan suatu permainan dengan kecepatan tangan dan berbagai manupulasi yang menimbulkan efek tertentu, misalkan reaksi kimia hingga teknologi canggih. Sulap juga membutuhkan latihan yang keras. Pesulap yang baik tidak akan membuat para penontonnya berpikir bahwa pertunjukannya adalah sihir.

Tidak hanya seni lukis dan seni musik, seni sulap pun memiliki aliran - aliran yang berbeda. Berikut ini beberapa alirannya:

1. Slieght of Hand, yaitu permainan sulap yang mengandalkan kecepatan tangan dalam menghilangkan dan memunculkan kembali suatu benda.

2. Ilusi, yaitu permainan sulap yang menggunakan peralatan - peralatan ilusi yang dapat membuat hal mustahil bisa terjadi.

3. Mentalisme, yaitu sulap yang menggunakan suatu kemahiran tertentu dalam memprediksi, menebak, menemukan, dan mengubah sesuatu. Kemahiran ini menggunakan prinsip matematika, kimia, fisika, psikologi, dan ilmu lain yang masih bisa dijelaskan secara logis.

4. Escapetology, yaitu pertunjukan yang menampilkan aksi membebaskan diri dari suatu ikatan atau belenggu.

5. Cardician, yaitu permainan sulap yang menggunakan media kartu dengan menghilangkannya, mengubahnya, dan cara lainnya.

Anda pun bisa menjadi seorang pesulap. Selama rajin berlatih, Anda pasti tidak akan kalah dengan pesulap - pesulap hebat. Sekolah kursus sulap pun sudah banyak sekali di Indonesia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)