Suka Nge-Band Tapi Bingung Menentukan Studio Musik? Yuk Lihat Tipsnya...

22 Mei 2014 Kesenian


Memang asyik jika memiliki waktu untuk berkumpul dengan teman-teman. Bisa bertukar pikiran dan membuat kita terbawa oleh suasana canda dan tawa. Apalagi jika teman-teman memiliki bakat memainkan alat musik. Bisa saja Anda membuat suatu perkumpulan musik atau lebih dikenal dengan band. Soal untuk latihan musik biasanya kita tidak jauh-jauh dari yang namanya studio musik.

Studio musik sendiri memang dibuka untuk umum. Orang - orang yang ingin menyalurkan bakat musiknya bisa melatihnya di studio musik. Di dalam studio musik standarnya memiliki alat musik yang umum seperti gitar listrik, drum, bass dan Microphone. Dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh studio musik, kebanyakan orang yang ingin menggunakannya akan langsung menyewanya tanpa melihat lebih teliti lagi apakah fasilitas tersebut masih bisa digunakan.

Tapi jika ada beberapa alat musik yang ternyata tidak dapat digunakan, maka sia-sialah anda dan teman-teman meronggoh kantong untuk menyewa studio musik. Nah, agar anda bisa menyalurkan bakat musik bersama-sama adalakalanya kita harus memiliki tips-tips untuk memiliki studio musik. Apa saja sih tips memilih studio musik? Yuk kita lihat saja berikut ini.

1. Cek fasilitas yang diberikan studio musik
Ya, ketika Anda menyewa studio musik pastikan jangan terburu-buru untuk langsung masuk ke studio dan memainkan alat musik. Coba tanyalah kepada operator yang berjaga apa saja alat musik yang terdapat di studio musik tersebut. Jika sudah, Anda dapat diskusikan dengan teman-teman apakah sesuai atau tidaknya atau dapat mengecek fasilitas studio musik seperti gitar 2 buah, bass, 2 mic ,guitar efek, dan drum. Karena itu adalah kelengkapan standar yang biasanya dimiliki oleh kebanyakan studio musik.

2. Cek alat musik apakah masih berfungsi
Sebaiknya jika menyewa studio musik mintalah kepada penjaga/staff studio tersebut untuk mengatur dan mangecek alat musik yang ada, hal ini penting apalagi jika sebelumnya studio musik tersebut telah disewa band lain. Hal ini penting karena jika terjadi kerusakan dapat segera diatasi karena jika tidak maka bisa-bisa Anda/band yang harus menanggung ganti rugi padahal itu bukan kesalahan Anda/band.

3. Periksa keadaan alat musik di studio musik
Penting bagi Anda untuk melihat keadaan alat musik di studio tersebut misal senar gitar apakah sudah berkarat atau belum dan drum apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak karena bisa juga karena keadaan alat musik yang tidak di cek secara rutin menyebabkan ketidaknyamanan band Anda saat latihan juga jika tiba-tiba ada kerusakan pada alat musik tersebut mungkin Anda harus menggantinya padahal itu bukan 100% kesalahan Anda. Jadi usahakan sebelum memulai latihan cek dulu keadaan alat musik apakah masih baik atau tidak.

4. Selaraskan dengan aliran musik
Saat ini ada beberapa aliran musik yang oleh beberapa studio belum support karena aliran musik tersebut berpotensi merusak beberapa instrument dan mungkin bisa menyebabkan kerusakan pada sound untuk itu pilihlah studio yang sesuai dengan musik anda misal jika band anda beraliran metal/progessive biasanya studio tersebut menyediakan double pedal atau bahkan sudah ada double bass drum. Atau mungkin Anda bisa membuat studio sendiri tentunya membutuhkan dana yang jauh lebih banyak tetapi bisa membuat anda lebih leluasa dalam bermain musik.

5. Perhatikan luas studio musik
Tidak hanya kelengkapan alat musik yang harus kita perhatikan, tapi kita juga harus memperhatikan area dan luas studio musik tersebut. Karena jika studio terlalu sempit maka akan mengurangi kenyamanan dan terkesan gerah dan juga jika terlalu luas maka suara musik yang dilantunkan akan terpecah. Oleh karena itu, carilah yang luas studio yang standar yakni tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas juga.

6. Sesuaikan harga sewa dengan isi kantong
Untuk apa membayar lebih jika ada studio musik lain yang memiliki fasilitas yang bagus dan harga yang terjangkau? Nah, sebelum menentukan tempat studio musik mana yang ingin dijadikan sebagai "basecamp" atau langganan anda bersama teman-teman carilah harga sewa studio yang relatif murah dan jaraknya bisa dijangkau. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi mencari-cari studio dengan harga sewa yang membuat kantong menjerit.

7. Ajak teman-teman menjadi member studio musik
Jika telah menemukan studio musik yang pas, jadilah member tetap atau langganan sehingga operator studio mengenal karakter dan mengatur set sesuai musik kamu. Bahkan terkadang bisa dapat diskon dari pemilik studio musik.

Dan satu lagi, tentukan jenis dan aliran musik yang ingin dimainkan di studio musik sebelum pergi ke studio musik agar waktu sewa tidak terbuang untuk memikirkan lagu apa yang ingin dimainkan.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari berbagai sumber)