Simak Sejarah Ukiran Jepara yang Terkenal!

23 Maret 2016 Kesenian


Tahukah kamu Jepara? Sebuah kota di daerah Jawa Tengah ini sangat terkenal dengan kerajinan kayunya. Seni ukirnya yang khas sudah turun - temurun dikembangkan sejak zaman Majapahit. Namun siapa yang memprakasai ukiran Jepara ini?

Pada saat zaman Majapahit, saat Raja Brawijaya berkuasa, ada seorang seniman ahli memahat yang sangat terkenal. Seniman itu bernama Sungging Prabangkara. Selain pandai memahat, Sungging juga mahir dalam melukis. Banyak karya dan lukisan telah dihasilkan Sungging Prabangkara.

Saking terkenalnya, Sungging ditugaskan belajar seni ke Kerajaan Cina. Dikisahkan Sungging belajar ukiran di Cina, namun ia memiliki keahlian dasar melukis. Sebagai seorang pelukis, Sungging pernah diutus mendatangi Kerajaan Galuh Padjajaran untuk melukis kecantikan Putri Dyah Ayu Pitaloka.

Konon, Sungging diperintahkan untuk melukis permaisuri raja tanpa busana. Namun setelah melihat hasilnya, sang raja menjadi curiga dan marah mengetahui Sungging juga melukis pada bagian terlarang sang permaisuri.

Akhirnya, Sungging diperintahkan untuk melukis Kekaisaran Cina dari atas. Karena pada zaman dahulu tidak punya menara tinggi atau pesawat, maka raja memerintahkan prajuritnya untuk membuat layang - layang besar. Layang - laying inilah yang menjadi alat Sungging untuk melihat bangunan kekaisaran Cina.

Namun karena tiupan angin yang kencang, pusaka dan peralatan Sungging jatuh dan bertebangan. Benda - benda pusaka tersebut dikisahkan jatuh di Mulyoharjo, daerah belakang gunung Jepara, Pasuruan, dan Bali. Jatuh pusaka milik Sungging membuat rakyat Jepara, Pasuruan dan Bali mengembangkan kesenian mengukir. Pusaka tersebut dikembangkan menjadi mata pisau atau tatah.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)