Seputar Animasi Stop Motion

4 November 2019 Kesenian


Animasi berasal dari kata animation dalam bahasa Inggris. Animasi adalah suatu film atau tayangan yang merupakan hasil dari pengolahan tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awalnya, animasi dibuat dari banyak lembaran kertas gambar, kemudian diputar sehingga muncul efek gambar bergerak.

Namun seiring perkembangan jaman, pembuatan animasi menjadi lebih mudah dan cepat, dengan adanya peralatan komputer dan alat- alat canggih. Teknik pembuatan animasi dibedakan menjadi 3, yaitu animasi tradisional, animasi stop motion, tradisional, dan computer. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan tentang animasi stop motion.

Stop motion merupakan teknik animasi dengan membuat sebuah objek seolah - olah bergerak sendiri. Teknik stop motion sendiri sudah dipakai sejak tahun 1906. Stop motion pertama kali dibuat dengan menggambar wajah pada papan tulis, lalu diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk membuat ekspresi wajah selanjutnya. Lalu hasil foto tersebut diatur sedemikian rupa agar terlihat bergerak.

Saat ini, teknik stop motion biasanya menggunakan clay sebagai bahan pembuatan objek atau model. Maka dari itu, stop motion yang menggunakan clay sering disebut claymotion. Objek atau model akan digerakkan sedikit demi sedikit, lalu di ambil gambarnya satu per satu. Teknik ini memberi efek seolah - olah model tersebut bergerak.

Sebenarnya, pembuatan animasi dengan teknik ini tidak memerlukan keahlian khusus, karena cara pembuatannya yang masih sederhana. Hanya saja diperlukan ketelatenan dan teliti dalam pengerjaannya. Membuat animasi ini tidak bisa dibuat dengan waktu yang singkat. Namun, semua orang bisa mencobanya. Hanya butuh sebuah kamera untuk mengambil foto, penyangga kamera, dan sebuah objek.

Berikut ini cuplikan pendek behind the scene dari sebuah animasi stop motion yang baru - baru ini tayang di bioskop luar negeri:

Gimana? Tertarik untuk membuat animasi sendiri? Jangan ragu untuk mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)