Seni Tua dari Mesir Kuno

30 November 2015 Kesenian


Kalau kita mendengar kata Mesir, pasti kita terpikir oleh patung singa berkepala manusia dan piramida. Ya, seni Mesir zaman dulu sangat unik dan bisa jadi ikon tersendiri bagi Mesir. Seni Mesir Kuno termasuk seni tua, dimulai pada 4000 tahun sebelum Masehi.

Seni Mesir Kuno awalnya terpengaruh dari seniman Afrika, Asia Barat. Dari pengaruh seniman - seniman tersebut, Mesir berhasil membuat bangunan piramida, kaca dan logam, dan mampu mengukir patung besar yang bisa berdiri. Seni Mesir Kuno lainnya juga tak kalah unik dan misteriusnya, seperti:

Kuil


Kuil Mesir Kuno dibangun sekirat 4000 tahun SM. Kuil di Mesir Kuno digunakan untuk penyebahan dewa - dewi dan mengenang firaun terdahulu. Kuil dipercaya sebagai tempat dewa - dewi singgah di bumi.

Lukisan


Lukisan di atas menggambarkan Anubis(manusia berkepala serigala) dan Mumi. Orang Mesir Kuno percaya bahwa dewa kematian, Anubis, adalah pencipta pembalseman mayat. Dari lukisan tersebut digambarkan Anubis sedang menyiapkan sebuah mumi. Contoh lukisan lainnya yaitu pada bagian Buku berisi doa, mantera, dan himne untuk orang mati, Lukisan Perjamuan di Thebes, dan Lukisan Raja Narmer dari Hierakonpolis di papan batu.

Tembikar


Tembikar dinilai sebagai salah satu peninggalan Mesir kuno yang bernilai seni tinggi. Tembikar yang dikenal sebagai tembikar glasir bening terbuat dari silika, sedikit kapur dan soda, serta bahan pewarna, biasanya tembaga. Untuk menciptakan tembikar glasir bening yakni menaruh bahan baku yang telah diolah menjadi pasta di atas tanah liat, kemudian membakarnya.

Hieroglief


Hieroglif dalam bahasa Yunani artinya "ukiran suci" adalah sistem tulisan formal yang digunakan masyarakat Mesir Kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alphabet. Terdiri atas 700 gambar dan lambang dalam bentuk manusia, hewan, benda, dan lambang tulisan (menyerupai gambar paku) yang bersifat rahasia atau teka-teki yang sukar dibaca atau dipahami maknanya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)