Salut, Empat Animator Indonesia Ini Sudah Merambah Perfilman Dunia!

5 Agustus 2019 Kesenian


Sungguh banyak film - film, baik dalam maupun luar negeri, menyelipkan berbagai animasi. Dan pembuatnya adalah seorang animator, seniman yang mampu menciptakan berbagai gambar yang nantinya akan membentuk ilusi dan seolah - olah bergerak saat akan ditayangkan.

Jika Anda penggemar film seperti The Hobbits, Avengers, Transformers, Spiderman, dan Iron Man, berbanggalah Anda sebab film - film tersebut merupakan hasil dari kreatifitas animator asal Indonesia! Siapa saja animatornya? Yuk kenali animator Indonesia yang sudah menembus industry dunia.

1. Wira Winata

Perjalanan karirnya sebagai animator bermula dari film animasi The Little Red Plane. Proyek animasi tersebut dibuat sebagai syarat kelulusan dari Art Centre Collage of Design. Kini Wira mendirikan perusahaan bernama Shadedbox dan mulai beralih ke dunia animasi komersial. Serta bekerja sama dengan Cartoon Network, The Gotham Group, Buena Vista Games, dan banyak lagi.

2. Rini Triyani Sugianto

Rini Sugianto menembus kancah perfilman dunia diawali dengan kecintaannya terhadap karakter fiksi, salah satunya Tintin. Wanita lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco ini mengaku terlibat dalam pembuatan film The Adventure of Tintin: Secret of the Unicorn, The Avengers, dan Iron Man 3.

3. Christian Lie

Animator sekaligus komikus Christian Lie, mendirikan Caravan Studio demi mengembangkan animasi di Indonesia. Petualangannya di Amerika dimulai tahun 2005 saat mengikuti kompetisi action figure GI Joe. Karyanya terpilih sehingga dilibatkan dalam pembuatan GI Joe Sigma 6. Sumbangsihnya untuk Indonesia juga bisa dilihat pada komik.

4. Pamela Haloman

Karya-karya Pamela telah dinikmati masyarakat Singapura, Amerika, Inggris dan Turki. Tidak hanya itu, karakter yang Ia ciptakan telah berhasil menarik perhatian banyak pengunjung saat dipamerkan di Singapore Game Toy Comic Convention.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)