Peringati Hari Kartini, Wanita di Bogor Buat Patung dari Peuyeum!

21 April 2015 Kesenian


Hari Kartini menjadi hari besar dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Banyak cara untuk memperingati hari besar yang jaduh pada 21 April ini. Seperti yang dilakukan beberapa wanita di Bogor , Jawa Barat. Mereka membuat patung RademAjeng Kartini dari bahan peuyeum atau tape singkong.

"Kita buat dari mulai proses pembuatan peuyeumnya, yang kadar airnya nggak terlalu banyak. Kemudian dicampur pakai tepung maizena supaya kuat berdirinya," kata salah satu pembuat patung, Eyie Dewanto.


Sekitar 50 kg peuyeum digunakan untuk membuat patung setinggi 60 cm tersebut. Pembuatannya pun membutuhkan 1 minggu.

Eyie juga mengatakan sebelum dibentuk, adonan harus ditunggu hingga kokoh. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 hari. Setelah itu barulah dibentuk dan diukir untuk detailnya. Sementara untuk hiasan rambut dan pakaian adat menggunakan lapisan cokelat.

"Patung ini tahan hingga kira-kira 2 minggu, modal pembuatannya sekitar Rp 1 jutaan," tutur Eyie.

Selain untuk mengenang jasa-jasa Kartini sebagai pahlawan wanita, tujuan dibuatnya patung ini juga untuk mempromosikan bahan makanan alternatif lainnya.

"Untuk itu kami tergerak untuk memasarkan makanan alternatif berbahan makanan tradiosional yang belum terolah secara modern," pungkas pembuat patung yang lainnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)