Kesenian
10 Juni 2013

Musik Bajakan

oleh: Obenkz

Pernah download lagu secara ilegal di internet? Atau bahkan kita turut mengupload sebuah lagu yang bukan hak cipta kita? Itulah sekilas tentang musik hasil dari pak tani yaitu musik bajakan yang kian merajalela di negara kita tercinta ini. Maraknya pembajakan di era digital ini membuat industri musik menjadi lesu dalam penjualan kaset fisik, karena minat masyarakat untuk membeli sebuah lagu dalam bentuk kaset sudah mulai berkurang.

Di era musik digital ini mereka lebih memilih untuk mendownloadnya, selain tidak mengeluarkan uang untuk membeli lagunya. Menurut mereka lebih praktis karena tidak perlu mendengarkan semua lagu jika dalam satu album hanya lagu tertentu saja yang menjadi favorit. Selain perkembangan musik digital, music player juga turut mempengaruhi perubahan musik digital ini, yaitu tersedianya music player yang berbasis data yang bisa menyimpan ribuan lagu dan tentunya lebih praktis dari music player pendahulunya seperti cassete / CD player dan tentunya juga turut berperan dalam perubahan era musik digital.

Era musik digital ini juga selain mempengaruhi minat pembeli untuk membeli kaset fisik, juga mempengaruhi penghasilan seorang musisi yang berkecimpung di dunia musik ini tentunya. Ditambah kecanggihan gadget yang sekarang ada juga membuat orang lebih mudah untuk share lagu secara ilegal. Jangan pernah berharap penghargaan platinum dalam penjualan seperti era sebelumnya terutama untuk musisi pendatang baru.

Ditambah lagi kesadaran yang rendah dari masyarakat dalam hal pembajakan, bahkan dibeberapa tempat masih ada juga yang belum mengetahui bahwa mendownload sebuah lagu yang tanpa ijin hak cipta itu adalah perbuatan ilegal dan merugikan musisi tersebut. Apakah dunia akan diam saja? Tentu tidak, karena seperti sifat dasar mahkluk Tuhan, perubahan jaman mengakibatkan evolusi, evolusi dari penjualan, promosi, dan lain sebagainya, seperti contoh musisi pendatang baru memilih jalur manual untuk pendistribusiannya.

Karena kecil peluang mereka untuk menjual lagu mereka ditoko besar mereka lebih memilih bergerilya menjual kasetnya di acara konser, atau terkadang mereka menjadikan satu paket dengan sebuah merchandise hadiah untuk menarik minat pembeli, atau bahkan mereka terkadang menjualnya di restoran cepat saji. Sekedar renungan, coba bayangkan dunia ini tanpa musik, padahal kita tidak bisa lepas dari menikmati musik dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bekerja, bersantai.

Untuk itu tidak akan pernah terbayangkan bagaimana musik itu menjadi tidak berkualitas bila kesejahteraan para musisi menurun dikarenakan ulah pembajak ini, untuk itu dukung karya musisi dengan membeli lagu yang legal agar mereka bisa terus berkarya, "I music U".

(Sumber: www.digitalmusicuniversity.com)

Kesenian Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris