Museum Ini Bikin Penyandang Tuna Netra Bisa Menikmati Lukisan!

14 Oktober 2019 Kesenian


Tentu perlu indra penglihatan agar bisa menikmati nilai seni dari sebuah lukisan. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak memiiki indra penglihatan? Pasti mereka juga ingin menikmati keindahan dari sebuah karya seni. Untuk itu, sebuh museum di Spanyol mengadakan pameran lukisan khusus untuk penyandang tuna netra!

Museum Prado, terletak di Madrid, Spanyol telah membuka jalan bagi kaum tuna netra untuk menikmati karya seni lukis dari para maestro dunia. Pameran dengan nama ‘Touch the Prado’ ini menampilkan berbagai lukisan replica karya seniman dunia.

Dengan kecanggihan teknologi kini kaum tuna netra pun bisa mengapresiasi seni dalam dalam lukisan bentuk 3D. Pembuatannya dibantu oleh sejumlah ahli yang juga tuna netra. Dengan teknik Didu, lukisan yang tadinya dua dimensi direproduksi menjadi lukisan tiga dimensi.

Teknik Didu sendiri dikembangkan oleh Estudio Durero, sebuah firma desain berada di Bilbao, Spanyol. Mereka menggunakan printer khusus dan proses kimia selama 12 jam untuk membuat gambar menjadi timbul


Lukisan tersebut memungkinkan kaum tuna netra untuk menikmati lukisan dengan cara menyentuh permukaannya. Lukisan-lukisan tersebut juga akan dilengkapi dengan teks braille dan panduan berbasis audio.

Replika lukisan yang dipamerkan diantaranya adalah Mona Lisa (Leonardo da Vinci), The Parasol (Goya), Apollo in the Forge of Vulcan (Velazquez), Noli Me Tangere dan masih banyak lagi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)