Mengenal Jenis Jenis Musik

26 Agustus 2019 Kesenian


Siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik? Setiap hari pasti kita mendengarkan musik, baik dari radio, mp3 player, atau televisi. Dalam sebuah film atau iklan pasti diiringi sebuah musik agar lebih menarik dan mendukung isi dari cuplikannya. Musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan.

Musik dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Apa sajakah jenis - jenisnya?

1. Musik klasik

Musik klasik biasanya mengacu pada musik yang berasal dari tradisi kesenian Barat, musik Kristiani, dan musik orchestra, yang berkembang pada abad ke - 9 hingga abad ke - 21. Dulu, musik klasik di daerah Eropa digunakan untuk lagu - lagu di Gereja atau pengiring Raja. Namun sejalan dengan perkembangan zaman, mulailah bermunculan musik klasik yang bertema bebas, seperti lagu Cat and Mouse yang menceritakan kucing mengejar tikus.

2. Musik populer

Musik populer, merupakan jenis musik yang sangat digemari oleh masyarakat sesuai dengan keadaan zaman saat ini. Jenis musik ini hampir ditemui di seluruh negara karena sifatnya yang menyesuaikan telinga kebanyakan orang.

3. Blues

Blues merupakan jenis musik yang berasal dari Afro - Amerika yang berkembang dari musik Afrika Barat. Blues sendiri cukup mempengaruhi beberapa jenis musik saat ini, seperti jazz, rock and roll, country, dan pop.

4. Rock

Rock merupakan jenis musik yang meliputi hampir semua musik pop sejak 1950an. Bentuk pertama dari jenis musik rock, yaitu rock n roll, terkenal saat tahun 1940an, dengan musisi terkenal seperti Elvis Presley, Chuck Berry, dan Buddy Holly. Jenis musik Rock akhirnya berkembang menjadi beberapa genre lagi, seperti metal hardcore, black metal, grindcore, death metal, dan underground.

5. R&B

R&b merupakan kepanjangan dari Rhythm and Blues. Rhythm and blues adalah musik tradisional masyarakat Afro-Amerika, yaitu musik pop kulit hitam dari tahun 1940-an sampai 1960-an, namun tidak mengandung jazz atau blues.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)