Mandala, Seni Gambar dalam Lingkaran

17 September 2015 Kesenian


Dari bentuk seninya, Mandala merupakan desain abstrak yang membentuk lingkaran. Namun seni Mandala ini juga berkaitan dengan ilmu spiritual lho! Seni Mandala ini sering diterapkan pada beberapa ritual agama, seperti agama Hindu dan Buddha.

Mandala bisa diartikan sebagai hubungan antara dunia batin dan realistis luar. Mandala secara harafiah disebut "lingkaran" dalam bahasa Sansekerta, asal muasal dari semua penciptaan, bergerak dengan cara berputar. Seni Mandala biasanya memiliki titik pusat ditengahnya. Candi Borobudur termasuk karya dari Seni Mandala bentuk tiga dimensi dengan bentuknya yang proposional dan geometris.

Dalam spiritual, Mandala sangat efektif dalam mengatasi permasalahan dan kebingungan. Jadi jika Anda berniat untuk menenangkan pikiran, gunakanlah Mandala yang dapat menenangkan. Letakkan Mandala tepat di hadapan Anda. Biarkan pikiran Anda berputar - putar melihat keindahan desain pada mandala tersebut.

Anda juga bisa membuat Mandala sendiri. Anda hanya memerlukan kertas, pensil, dan alat warna seperti crayon dan pensil warna. Membuat Mandala dipercaya dapat mengurangi beban emosi.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)