Macam - Macam Tarian Modern

18 November 2014 Kesenian


Tari modern sangat popular pada zaman sekarang. Tari modern sendiri sudah berkembang sejak awal abad ke - 20. Tari modern sebenarnya dipelopori oleh penari - penari Amerika dan beberapa di kawasan Eropa Barat yang saat itu bertentangan dengan tari ballet dan classic. Pertentangan tersebut timbul dikarenakan tari ballet dan tari classic memerlukan perlengkapan khusus yang tidak dapat dimiliki oleh rakyat dengan perekonomian rendah yang berkeinginan untuk menari. Maka dari itu mereka menciptakan free dance atau tari modern yang tidak membutuhkan perlengkapan mahal.

Banyak sekali macam - macam tari modern. Dari sekian banyak macam, ada 5 jenis tari modern yang sangat terkenal. Ini dia jenis - jenisnya:

1. Blood-Elf Dance

Blood - Elf Dance merupakan jenis tari modern baru yang sangat popular di kalangan remaja. Tarian ini mengandalkan kelenturan badan.

2. Break Dance

Break Dance atau biasanya disebut "B - Boying" juga popular di kalangan pemuda. Jenis tarian ini merupakan evolusi dari gerakan hip-hop Amerika Latin dengan Afrika pada tahun 1970. Biasanya tarian ini diiringi dengan lagu hip - hop atau remix.

3. Robot Dance

Seperti yang dilihat dari namanya, tarian ini merupakan tarian yang menirukan gaya robot. Jenis tari ini dipelopori oleh Charles Washington atau yang dikenal dengan nama "Charles Robot" pada tahun 1960an. Tarian ini menjadi lebih terkenal saat ditampilkan oleh The Jackson.

4. Moonwalk Dance

Siapa yang tidak mengenal gaya tari ini? Tarian yang diperkenalkan oleh Sang Raja Pop, Michael Jackson, pada lagunya Billie Jean sangat popular sampai sekarang. Tarian dengan teknik seperti ditarik dari belakang saat berjalan maju ini banyak menarik perhatian dunia.

5. Shuffle Dance

Tarian yang satu ini juga tidak kalah terkenalnya. Bahkan di Indonesia pun banyak komunitas - komunitas Shuffel Dancer saat sedang booming - boomingnya. Tarian yang mengandalkan kelilncahan kaki ini dipelopori pada tahun 1980an oleh MC Hammer, namun baru mem-booming saat 2000-an oleh Paula Abdul.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)