Mac vs PC untuk Musik Digital

7 Mei 2014 Kesenian   |    Obenk


Sebuah duel yang menarik antara dua raksasa komputer ini, apalagi untuk penggunaan dalam musik digital, keduanya seolah berusaha mengambil hati para konsumennya, sebut saja perusahaan Apple yang meluncurkan beberapa produknya seperti iMac, Mac mini, Macbook Air, Macbook Pro, dll.

Sedangkan dikubu Mac dikuasai oleh satu perusahaan komputer, dikubu PC sendiri atau yang sering disebut dengan Personal Computer (PC) banyak diusung oleh beberapa perusahaan mulai dari perangkat lunaknya sampai perangkat kerasnya, tapi untuk perangkat kerasnya persaingan masih belum panas karena bersifat tehnik bukan user, sedangkan persaingan yang keras terjadi di perangkat lunaknya, dimana Mac yang dengan produk-produknya mengusung iOS sebagai perangkat lunaknya, sedangkan untuk PC sendiri dikuasai oleh produk Microsoft atau yang biasa kita sebut Windows.

Setelah kita tahu sedikit apa itu Mac dan PC dengan membaca artikel diatas, sekarang saatnya kita membahas satu persatu tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal untuk musik digital. Terkadang para engineer kita sering sekali mendebatkan antara Mac vs PC dalam hal untuk sebuah proses pembuatan audio, sebenarnya apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan mari kita bahas satu persatu.

Mac atau Macintosh adalah sebuah produk yang dikeluarkan oleh Perusahaan Apple, produk ini bersifat eksklusif dan terkadang ada beberapa program yang memang dikhususkan untuk pabrikan ini, Program mac sendiri bersifat mudah untuk digunakan, dalam hal musik digital menggunakan mac lebih menguntungkan di sektor stabil dan kompatibelnya, karena apple sendiri mengeluarkan produk yang sudah menjadi satu paket untuk perangkat keras dan lunaknya, dan sebab itulah produk mac lebih disukai karena kemudahan dan stabilitasnya, tetapi walaupun begitu kekurangan dari produk ini sendiri adalah harganya yang cukup mahal dibandingkan PC.

Untuk para Audioengineer yang bersifat low budget lebih mengandalkan PC yang terdapat software Microsoft Windows didalamnya, selain harga yang terjangkau dan dapat disesuaikan budget PC sendiri lebih cepat dalam hal pembaruan dikarenakan Users PC sangatlah banyak dan banyak pengembang Audio yang lebih memilih PC untuk sasaran produknya, tapi kelemahan lain dari PC sendiri adalah program yang tidak stabil dikarenakan gangguan dari program perusak yang lebih banyak berkeliaran di PC, dan untuk urusan Musik Digital sendiri ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk kebutuhan Audio Processing.

Tapi pada dasarnya semua memiliki kelebihan dan kekurangan, baik Mac Vs Pc dalam hal Musik Digital tinggal kita yang menentukan lebih condong dan menyukai yang mana, dan tetap terus tambah skill karena bagaimanapun tetap trust your ear use your gear. I music U.

(Sumber: Digitalmusicuniversity.com)