Lukisan Kuno Ini Berisi Ratusan Pesan Tersembunyi!

9 Februari 2017 Kesenian


Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya menggunakan polesan cat dan alat lukis seperti kuas, pisau palet, dan peralatan lainnya. Media bidang yang biasa digunakan ada kanvas. Di dalam sebuah lukisan, tentu terdapat nilai yang tersirat, mulai dari nilai keindahan hingga nilai moral.

Banyak sekali lukisan - lukisan kuno misterius yang mengandung pesan rahasia. Karena misteriusnya, kode - kode tersebut baru bisa terpecahkan beberapa tahun setelah lukisan itu dibuat. Salah satunya adalah lukisan Netherlandish Proverbs.


Lukisan Netherlandish Proverbs dibuat pada tahun 1559 oleh seorang pelukis asal Flanders, Pieter Bruegel the Elder. Lukisan ini dibuat dengan cat minyak pada panel kayu oak. Lukisan tersebut menggambarkan suasana rusuh di sebuah pedesaan. Dari kerusuhan tersebut, para ahli membedah pesan - pesan dan makna dari lukisan Pieter Bruegel tersebut.

Hasilnya, terdapat 112 idiom yang berhasil diidentifikasikan dari lukisan tersebut. Dari lukisan yang berarti Pepatah Belanda ini, para ahli menyimpulkan bahwa idiom - idiom itu menunjukkan kebodohan - kebodohan manusia yang tidak pernah berubah sejak jaman dahulu.


Contohnya seorang pria membakar tiga ekor ikan. Dari gambaran tersebut, tersirat idiom "The herrings does not fry here (Ikan (herring) ini tidak bisa digoreng disini)" yang artinya tidak berjalan sesuai dengan rencana. Ada pula seorang pria yang menggigiti tulang, yang diartikan dengan "To always gnaw on a single bone (Menggerogoti dengan hanya satu tulang)" yang artinya selalu memperbincangkan hal yang sama berulang kali.

Idiom - idiom tentang kesalahan manusia tersebut masih terjadi sampai saat ini. Lukisan Bruegel ini bisa kita jadikan cermin moral bagi kita agar tidak melakukan kesalahan - kesalahan tersebut.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags