Ketahui 5 Teknik Komposisi Ini Agar Hasil Jepretan Makin Wow!

4 Desember 2017 Kesenian


Untuk menghasilkan jepretan yang maksimal, Anda perlu memahami peraturan - peraturan dalam dunia fotografi. Beberapa peraturan membantu menyeimbangkan komposisi gambar. Penyeimbang tersebut berupa titik atau garis bantu yang biasa disebut guideline.

Tak hanya untuk fotografi, guideline ini juga dipake diseluruh bidang seni sejak ribuan tahun lalu. Dan kali ini akan dibahas lima peraturan komposisi yang bisa meningkatkan komposisi gambar Anda.

1. Rule of Thirds


Teknik komposisi yang satu ini sudah dikenalkan ratusan tahun lalu. Rule of Thirds membagikan gambar menjadi 9 bagian dan 4 titik tengah. Guideline ini memudahkan fotografer untuk menempatkan titik fokus. Kamera sat ini sudah memiliki setting Rule of Thirds pada mode manual.

2. Leading Line


Guideline pada teknik komposisi ini membantu menunjukkan titik fokus pada gmbar. Garis lurus dari pola lantai atau tembok bisa dijadikan guideline di teknik komposisi ini.

3. Diagonals and Triangles


Dengan teknik komposisi ini, gambar terlihat lebih dinamis. Menarik garis - garis ke satu titik sehingga gambar terbagi menjadi bagian - bagian bentuk segitiga.

4. Texture and Pattern


Tekstur dan pola akan sangat membantu membuat gambar menjadi lebih menarik. Hal ini karena manusia lebih mudah tertarik dengan kedua hal tersebut.

5. Left to Right Rule


Kita membaca tulisan dari kiri ke kanan. Begitupun yang digunakan oleh teknik yang satu ini. Kita dibuat untuk ‘membaca’ gambar dari kiri ke kanan. Untuk menerapkan teknik ini setidaknya ada objek yang bergerak, seperti manusia berjalan pada gambar di atas.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags